Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti Gagalkan 3 PMI Ilegal yang Masuk Lewat Jalur Tikus

Barsela24news.com



KAPUAS HULU, KALBAR - Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti menggagalkan tiga orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) tanpa melalui prosedur yang sah di jalan tikus, Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu pada Sabtu 27 Mei 2023.

Dansatgas menjelaskan bahwa pada Jumat 26 Mei 2023 pukul 13:00 WIB personel Pos Kotis yang dipimpin oleh Pratu Dawawi telah berhasil mengamankan 3 orang PMI non prosedural yang akan masuk ke negara Malaysia melewati jalur tidak resmi di Desa Badau.

“Dengan seringnya dilaksanakan penggagalan terhadap pelintas PMI non prosedur oleh Satgas Pamtas dan Satgas Intelijen di Perbatasan RI-Malaysia maka diperlukan peningkatan kerjasama antar Instansi terkait dalam hal penanganan PMI non prosedural mengingat pelintasan PMI non prosedural merupakan salah satu kerawanan di Wilayah Perbatasan RI-Malaysia,”kata Dansatgas.

Adapun 3 orang PMI Ilegal yang diamankan yakni, MS (18), HM (27) dan AI (25) ketiganya merupakan warga Dusun Tawang Desa Sekbau Kecamatan Samalantan Kabupaten Bengkayang. Ketiga PMI ilegal tersebut sudah diberikan pemahaman agar tidak keluar masuk melalui jalur non prosedural baik dari pihak Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti maupun dari pihak Imigrasi PLBN Badau. (*)
Tags