Pemkab Sumbawa Barat Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Barsela24news.com


Taliwang, Sumbawa Barat, NTB - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2023 melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), akan menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten.

Menurut Kepala Dinas DPMD, Drs. Tajuddin M. Si, Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan ini sebagai amanat Permendagri No. 81 Tahun 2015, Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dan capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di samping itu perlombaan ini dihajatkan pula untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, ujar Kadis DPMD KSB

"Lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu Januari sampai dengan Desember", tandasnya.

Lomba kali ini diikuti oleh Desa-Desa terbaik di masing-masing Kecamatan dan memenuhi persyaratan dan kriteria yg telah ditentukan salah satu diantaranya adalah desa-desa tersebut telah mengevaluasi diri melalui aplikasi Prodeskel dan Epdeskel dua tahun terakhir.

Lomba Desa dan Kelurahan tahun ini diikuti oleh Desa Dasan Anyar Kecamatan Jereweh, Desa Air Suning Kecamatan Seteluk, Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene, Desa Sermong Kecamatan Taliwang, Kelurahan Menala, Bugis dan Sampir Kecamatan Taliwang.

Untuk mendapatkan hasil lomba yang akuntabel dan transparan, Dinas Pemberdayaan Masyakarat dan Desa melibatkan unsur unsur lain yang terkait sebagai Dewan juri.

Lomba Desa dan Kelurahan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai Senin, 22 Mei 2023 dan berakhir Rabu, 24 Mei 2023.

Pemenang pada Lomba ini akan diikutkan dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi yang akan dilangsungkan pada bulan Juni 2023.(Dm)
Tags