Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene Sabet Juara 1 Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Barsela24news.com


Taliwang, Sumbawa Barat, NTB - Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023 menetapkan Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene keluar sebagai Juara Pertama dan berhasil menyisihkan desa lain yang masuk nominator.

Lomba yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumbawa Barat yang berlangsung pada tanggal 22 sampai dengan 24 mei 2023 itu sebelumnya telah melakukan penilaian terhadap desa perwakilan kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Sumbawa Barat, Drs. Tajuddin. M.Si, menyampaikan, lomba kali ini di ikuti Desa Desa terbaik di masing masing Kecamatan, memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah di tentukan, salah satu diantaranya adalah desa desa tersebut telah mengevaluasi diri melalui aplikasi Prosdekel dan Epdeskel dua tahun terakhir, paparnya.

" Setelah melalui penilaian dari dewan juri lomba desa tahun 2023 di menangkan oleh Desa Kalimantong sebagai juara 1 dan pemenang lomba desa ini akan di ikutkan dalam lomba Desa tingkat Propinsi pada bulan Juni 2023", tutupnya

Selain mendapatkan piagam penghargaan dan Trophy, Desa Kalimantong, Kecamatan Brang Ene sebagai juara pertama mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 25 juta.

Sementara itu, Kepala Desa Kalimantong Ayubar, melalui Sekretaris Desa Kalimantong Hasan Karing, menegaskan kesiapannya membawa desanya berjaya di tingkat provinsi. Karena, uang pembinaan yang didapatkan sebagai juara pertama akan digunakan sepenuhnya untuk persiapan, kematangan dan pemantapan pada lomba serupa tingkat provinsi, ujarnya.

" Kami dari Pemerintah Desa Kalimantong berharap dukungan dari semua pihak, karena ini kami membawa nama Kabupaten Sumbawa Barat secara umum, Inshaa Allah kami akan berbuat semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa Barat", harapnya

Saat di singgung awak media barsela24news.com mengenai inovasi, yang pasti Sekdes Hasan menyebutkan akan ada inovasi baru di desanya sebagai modal penting meraih prestasi, cuma untuk sekarang ini masih dirahasiakan belum dibocorkan.

Pada intinya, menurut Sekdes Hasan, semangat gotong royong masyarakat masih menjadi kunci penting mewujudkan cita-cita desa menuju kemajuan dan kemandirian, tutupnya.

Pewarta -(DM)
Tags