Motif Pakaian Senuwan Keluwat, Ikut Meriahkan Rakerda Dekranasda Tahun 2023

Barsela24news.com

Aceh Selatan - Menyahuti semangat dan antusias masyarakat dalam melestarikan seni dan budaya daerah, Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S,PdI merespon dengan menampilkan produk Motif Senuwan Keluwat dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pameran Kerajinan Unggulan Kabupaten/Kota Se-Aceh Tahun 2023 , yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Aceh Achmad Marzuki melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Bustami Hamzah.Kamis 15/6/2023.di RTH taman pala indah.

Motif Senuwan Keluwat diresmikan oleh Bupati Aceh Selatan pada Perayaan hari puncak HUT Kecamatan Kluet Timur ke 20 pada tanggal 13 Juni 2022 untuk tahap awal telah dibuat dalam bentuk Peci bermotif Senuwan Keluwat.

masyarakat Aceh Selatan tampak antusias untuk memiliki dan memakainya pada event acara acara besar daerah,Saat ini Produk Motif Senuwan Keluwat mulai digunakan sebagai pakaian Adat dan pakaian sehari-harinya . 

Tokoh Adat dari Tanah Kluet sekaligus Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kecamatan Kluet Timur Yusnir Hasan, S.Pd menyampaikan rasa syukur yang mendalam serta ucapan terima kasih kepada Bupati Aceh Selatan dan Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S,PdI karena telah menampilkan pakaian motif senuan keluat, pada acara besar ini, yang di hadiri seluruh kabupaten yang ada di Aceh. 
 
Ketua MAA Kluet Timur menyampaikan harapan agar momentum ini dapat terus menjadi semangat kepada Pengrajin yang ada untuk terus memproduksi dan menghasilkan pakaian Adat, pakaian sehari-hari, Peci, Tas, Dompet, Payung, Pelaminan, Cendramata dan lain-lain sebagai ciri khas daerah Kluet.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, melalui Ketua Dekranasda Kailida, S.PdI tahun lalu telah menyerahkan bantuan kepada Kelompok Kerajinan Sunuwan Keluwat, berupa peralatan dan perlengkapan untuk menghasilkan produk dengan Motif Senuwan Keluwat. Ini adalah bantuan yang sangat bermanfaat,” ungkap Dak Yusnir panggilan sehari-hari Ketua MAA Kluet Timur.

“Kedepannya kami berharap agar bisa menjadi ciri khas masyarakat Kluet, dan pengembangan ekonomi bisnis. Kepada berbagai kelompok Kerajinan kami berharap terus memproduksi motif senuwan keluwat ini, Desainnya silakan menghubungi Saudara Muzakir RA (Zakir To) di Nomor Handphone / WA : 082251993448 selaku Desainer / Pelopor Motif Senuwan Keluwat, dengan tetap menampilkan Motif Asli dan Nama “SENUWAN KELUWAT”, Ungkap Dak Yusnir.

Penetapan Motif Senuwan Keluwat ini melalui proses panjang oleh Majelis Adat Aceh (MAA) se Kluet Raya (Kecamatan Pasie Raja, Kluet Utara, Kluet Tengah, Kluet Timur dan Kluet Selatan. Pertemuan pertama berlangsung di Aula Kantor Camat Kluet Timur pada tanggal 30 Mei 2022, dilanjutkan pada tanggal 2 Juni 2022. 

Dalam Musyawarah Besar tersebut menghadirkan seluruh Pengurus MAA dan Tokoh Adat se Kluet Raya, menghasilkan rekomendasi untuk menciptakan berbagai produk dengan “Motif Senuwan Keluwat”. 
Kata Senuwan berarti Tanaman. Sedangkan kata Keluwat adalah nama Wilayah tempat berdomisilinya masyarakat Kluet yang terdiri dari lima Kecamatan, yang kemudian disebut dengan Kluet Raya.

Dari masing masing Kecamatan tersebut mempunyai simbol dari tanaman khas masing masing, yaitu : Kecamatan Kluet Utara "Bulung Maman"; Kecamatan Kluet Selatan "Buah Nipah"; Kecamatan Kluet Timur "Bulung Dilam"; Kecamatan Kluet Tengah "Bungo Acom Cekalo"; Kecamatan Pasie Raja "Buah Palo".( Tini)