Dinkes Lombok Tengah Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha (PIRT)

Barsela24news.com

Lombok Tengah, NTB - Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha PIRT pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2023 bertempat di Hotel Grand Royal Batujai Lombok Tengah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang terjamin mutu dan kemanannya sesuai dengan standar keamanan pangan yang telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait hal tersebut diperlukan suatu program yang konsisten dan berkesinambungan sehingga pangan yang aman, bermutu dan bergizi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, telah banyak industri skala kecil hingga skala menengah yang terdaftar sebagai IRTP dengan nomor pangan industri rumah tangga. Namun, berdasarkan hasil pengawasan dan hasil kajian yang telah dilakukan oleh BPOM masih banyak ditemukan pemberian SPP-IRT yang belum memenuhi ketentuan seperti pelaku usaha wajib mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan dengan nilai minimal 60 (enam puluh), sarana Produksi Pangan diperiksa dengan hasil pemeriksaan tergolong level I dan II serta jenis pangan yang didaftarkan sesuai dengan yang tercantum dalam peraturan.


Acara Bimtek ini dihadiri oleh Bapak Kepala Bidang Dinas kesehatan Lombok Tengah bapak Purwangsa, Skep, Mph. sebagai pembuka acara , dan dihadir oleh bebrapa Narasumber dari Dinas Kesehatan.

Peserta pada acara ini adalah Pelaku Usaha IRTP di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan 1-2 kali dalam setahun. Bimtek ini juga diperuntukkan bukan hanya untuk pelaku home industri Kan tetapi seperti tahap pertama kemarin kepala bidang Kesehatan menerangkan melakukan bimtek ini ke hotel yang ada di lombok tengah terutama di kawasan ekonomi khus yang ada di mandalika terkait bagaimana penyediaan makanan yang higenis. 

Bimtek ini juga sangat penting bagi pelaku usaha lebih - lebih dengan adanya sirkuit motor GP dan motor cross di lombok tengah , karena makan yang di jual atau disajikan bagi para pengunjung harus benar - benar aman, layak, sehat ,dan bermutu. Karena yang jualan di lokasi tersebut harus lulus pemeriksaan oleh Dinkes. 

Kepala bidang dinas kesehatan Lombok tengah bapak Purwangsa , Skep. Mph. ini adalah pertama kali dipublikasikan oleh teman media, kabid Dinkes sangat senang serta apresiasi karena ada media yang mau meliputi acara dari Dinkes. Pak kabid juga berharap kedepannya bisa berkerjasama dengan baik. Dengan adanya pertemuan ini bapak kabid juga mengundang secara lansung supaya pimpred barsela24news bisa hadir langsung ke kantor Dinas Kesehatan lombok tengah, bertujuan untuk membangun tali silaturahim serta kolaborasi yang positif kedepannya. (DarBajank )