Ikut Ngonthel Kebangsaan 2, Wagub Jateng Ingatkan Pentingnya Persatuan dan Gotong Royong

Barsela24news.com

Semarang, Jateng - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, ikut gowes bareng masyarakat dalam acara Ngonthel Kebangsaan 2, Minggu (30/7/2023).

Wagub Taj Yasin Maimoen, didampingi Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno, mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya acara Ngonthel Kebangsaan 2.

Sebelumnya, Wagub dan Sekda mengikatkan bendera Merah Putih pada sepeda peserta Ngonthel Kebangsaan 2.

Ribuan orang warga Kota Semarang dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha, jajaran ASN, dan komunitas masyarakat serentak mengayuh sepeda berkeliling Kota Semarang.

Mereka menempuh rute dari halaman Kantor Gubernur Jateng, Gereja Katedral Semarang, Kelenteng Sam Poo Kong, Kawasan Kota Lama dan berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Wagub Jateng yang akrab disapa Gus Yasin, dalam sambutannya mengatakan, acara tersebut memiliki tujuan bersama, yakni merekatkan persatuan.

Dengan harapan bangsa yang memiliki kemajemukan, baik itu kesukuan, kedaerahan maupun keberagaman, yang tentunya semua perlu kita satukan dengan nawacita Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan kegiatan ini kami harap seluruh elemen, baik tokoh masyarakat, tokoh agama bisa bersatu, nyawiji bangun negara ini,” kata Gus Yasin

Dia menyebut kesadaran bergotong royong sangat diperlukan dalam upaya membangun bangsa. Sehingga, semua perbedaan seharusnya tidak menjadi batu penghalang untuk bersama-sama memajukan NKRI.

“Yang penting aksi nyata kita untuk menyatukan jiwa kita, pikiran kita, hati kita. Saya yakin kedewasaan kita untuk mengidentifikasi bangsa ini sudah matang,” tuturnya

Gus Yasin mengingatkan, eratnya solidaritas harus ditingkatkan menjelang tahun politik.

Menurutnya, meskipun terdapat perbedaan dalam pandangan politik, bukan berarti harus saling menjauhi atau bermusuhan.

“Ini kita ingin mengeratkan lagi keragaman menuju pemilu.Tentu yang di sini perbedaannya bermacam-macam. Apalagi menjelang Pilpres, Pileg pasti akan berbeda.Tapi saya senang melihat mereka guyub rukun,” ucapnya. (Marhen)
Tags