KARAPAN KERBAU DANDIM CUP DIBUKA, BUPATI TANTANG KAPOLRES DAN DANDIM TURUN ARENA JADI JOKI

Barsela24news.com


Taliwang, Sumbawa Barat, NTB,- Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin. MM., membuka Dandim Cup Karapan Kerbau tahun 2023 pada hari Ahad 02/07/2023, bertempat di Desa Lalar Liang Kecamatan Taliwang. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat beserta istri, Kapolres Sumbawa Barat Yasmara Harahap, dan Camat Taliwang Aku Nurrahmadin.

Dalam kesempatan menyampaikan sambutan dan laporannya, Dandim 1628 Kabupaten Sumbawa Barat Letkol Infantri Oktavian Englana selalu pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Karapan Kerbau yang dilaksanakan pada hari tersebut telah dipersiapkan satu tahun yang lalu. Tetapi karena adanya wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) jadi kita cancel, ungkap Dandim.

Dalam kesempatan tersebut Dandim juga menyampaikan bahwa, komunikasi untuk dilaksanakannya lomba Karapan Kerbau terus dilakukan, sehingga oleh Bupati dapat disepakati jadwalnya.

"Alhamdulillah waktu pelaksanaannya bisa disepakati, tetapi dengan syarat pak Dandim harus bisa bisa menjadi Joki dan turun masuk arena nantinya, ungkap Dandim sambil diiringi tepuk tangan.
Dalam kesempatan tersebut, Dandim berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi membangun Budaya lokal. Bersama rakyat TNI kuat, bersama TNI kita lestarikan budaya Karapan Kerbau, tutup Dandim.

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat yang juga selaku ketua Gabungan Pecinta Pelestari Budaya Barapan Kerbau (GP2B2K) menyampaikan bahwa tradisi dan budaya Barapan kerbau ini harus terus dilaksanakan. Seperti yang tertuang dalam lawas Boat adat tu dsakuat adab edab tu mantap mo no gier tangko ling rungan. Bupati berpesan bahwa yang terdapat dalam lawas tersebut sama halnya dengan membangun jalan pikiran.

"Kita sudah membangun jalan tanah, air, api, angin. Sekarang yang terpenting adalah jalan pikiran. Membangun jalan pikiran yaitu dengan saling memaafkan dan jangan saling menyalahlan. Semakin kita mampu memaafkan orang maka itu semakin bagus.

"Nah, tradisi karapan kebo ini kita tingkatkan, dan kita menjadilan diri kita tidak terpengaruh dengan hal hal yang tidak penting. Bagaimana membangun manajemen diri seperti yang tertuang dalam lawas Sumbawa, Mana ujan barat Siwa, lamin salah si panyomo kenang bajarip no kawan. Mana si ka adal subuh lamin balong si panyomo mu kenang mani kawan si, ungkap Bupati.

Sementara itu dalam penampilan ekshibisi, Dandim 1628 Sumbawa Barat Oktavian Englana sesuai janjinya dengan Bupati, mencoba menajadi Joki dengan mengendarai pasangan Kerbau milik Bupati Sumbawa Barat yang diberi nama Bintang Tri G. 

Karena merasa tertarik, Dandim mencobanya kembali satu kali lintasan. Sementara Kapolres Sumbawa Barat Yasmara Harahap mencoba menjadi joki, tetapi baru setengah perjalanan, dirinya terjatuh.(DM)
Tags