Meriah !! Ribuan Warga Saksikan Klaten Lurik Carnival, Sempat Ditiadakan 3 Tahun

Barsela24news.com

Klaten, Jateng - Pagelaran Klaten Lurik Carnival (KLC) kembali digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (30/7/2023) sore.

Warga tumpah ruah memadati Jalan Pemuda Klaten untuk menyaksikan Klaten Lurik Carnival 2023 tersebut.

Pagelaran budaya tersebut sempat ditiadakan selama tiga tahun lantaran pandemi Covid-19. Meski vakum selama tiga tahun berturut-turut, pagelaran KLC tidak menyurutkan daya tariknya.

Bupati Klaten Sri Mulyani yang mengenakan busana kebaya lurik putih yang dipadukan hiasan lurik merah marun dengan motif bunga, menuju depan panggung kehormatan dengan menggunakan kereta kencana.

Selanjutnya disusul rombongan Forkopimda Klaten yang mengenakan busana sorjan dan kebaya dengan motif lurik atau lurik batik berwarna coklat, dipadukan jarit lurik berwarna merah marun.

Kedatangan mereka disambut dengan tari Wonderland Indonesia, yang dibawakan penari cilik dari Sanggar Sekar Langit.

Pagelaran KLC 2023 dengan tema kostum “Pengantin” diikuti 18 kontingen dari berbagai wilayah di Klaten. Seluruh kontingen berjalan menelusuri Jalan Pemuda dari depan Taman Lampion hingga depan Rumah Dinas Bupati Klaten.

Pada ajang itu, para desainer menampilkan desain baju pengantin dari kain lurik khas Klaten.

Masing-masing kontingen memamerkan desain kreasi kain lurik, sebagai busana pengantin nan elegan. Tak ketinggalan, kostum-kostum khas karnaval, lengkap dengan sayap dan ornamen megahnya yang terbuat dari kain lurik.

Bupati Sri Mulyani mengatakan, kegiatan tersebut digelar tidak sekedar karnaval, namun keberlanjutannya, agar bisa mendongkrak UMKM yang bergerak di produksi kain lurik.

“Lewat Klaten Lurik Carnival kita mengetahui, bahwa kain lurik yang sederhana bisa menjadi begitu elegan dengan sentuhan kreativitas,” katanya.

Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, terutama para desainer yang telah meramaikan gelaran KLC 2023 pascapandemi Covid-19.

Lewat gelaran itu, kain lurik yang merupakan potensi Kabupaten Klaten, memiliki nilai lebih, terutama nilai ekonomi.

“Harapannya dengan ajang Klaten Lurik Carnival, memberikan promosi bagi UMKM Kabupaten Klaten, khususnya para perajin lurik,” paparnya. (Marhen)