Rapat Kerja Forum BPD Kabupaten Sumbawa Barat

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB – Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Sumbawa Barat menggelar Rapat Diskusi Rencana Bimtek dan Raker Senin 24 Juli 2023, bertempat di Aula kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa barat yang di hadiri oleh anggota F - BPD masing - masing Desa di Kab Sumbawa Barat.

Dalam hal itu Ketua F - BPD Mustakim dan Amir Mahmud. SAP.  selaku Sekretaris F- BPD membuka acara tersebut, Mustakim berperan sebagai ketua F - BPD menjelaskan . Bahwa Anggota BPD se-kab Sumbawa Barat yang hadir maupun yang tidak dapat hadir pada hari ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi seluruh anggota BPD sehingga perannya dapat maksimal memperkuat F - BPD agar buat kedepannya angota F- BPD yang sudah mewakili desanya masing -masing dapat membangun desanya masing-masing,” kata Mustakim Ketua F- BPD KSB.


Mustakim menambahkan, "Kita adakan rapat dan diskusi ini untuk membahas mengenai Rencana Bimtek yang kedua kali yang akan di rencanakan pada bulan September mendatang.

Mengingat anggota BPD di masing - masing desa harus memiliki pengetahuan yang luas untuk membangun desanya.
Itu sebab kita akan adakan Bimtek (bimbingan teknis) untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas anggota BPD,” dan harapan Mustakim selaku ketua F - BPD Kab Sumbawa Barat Setiap anggota harus memiliki gagasan dan ide terkait program kerja Desa ke depan. Jangan hanya diam habis kita Bimtek yang kedua kalinya ini. ucapnya.

Mustakim menambahkan Dengan telah terbentuknya forum komunikasi BPD ini agar BPD lebih solid dan bersinergi terhadap kebijakan Pemkab Sumbawa Barat, menjadi sarana untuk saling meningkatkan kualitas masing-masing, bisa untuk saling sharing permasalahan-permasalahan atau inovasi-inovasi di desa masing-masing,” Mustakim juga mengungkapkan, anggota BPD wajib melaporkan kinerjanya kepada Bupati melalui Camat atau melalui F BPD dan BPD di setiap masing - masing desa sudah kerja dengan baik, maka inshaa Allah kami dapat mengusulkan apa yang menjadi impian kita bersama di F - BPD kab Sumbawa barat .

Dalam rapat Diskusi tersebut Amir Mahmud. SAP. Seketaris F- BPD Kabupaten Sumbawa Barat, menambahkan terkait dengan Rencana Raker F- BPD kab Sumbawa barat, yang inshaa Allah akan di rencana dalam tahun 2023. Raker di harapkan untuk meningkatkan kapasitas F - BPD, Amir Mahmud. SAP. Berpesan terhadap Anggota F- BPD kab Sumbawa barat Keberadaan BPD dalam pemerintahan desa adalah check and balance, BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi dan hal-hal untuk transparansi yang ada di desa, seluruh anggota BPD dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab, memahami Tupoksi dan regulasi yang ada, sehingga mampu mengurai setiap permasalahan. Anggota BPD harus bekerja sesuai Tupoksi dan jalankan regulasi sesuai aturan yang berlaku, serta harus berperan aktif dalam membangun desa", kata Amir Mahmud. SAP. Sekjen F- BPD kab Sumbawa barat .

Mustakim Ketua F- BPD kab Sumbawa Barat menambahkan, oleh karena itu, inshaa Allah Setelah kita Raker nanti kami ketua F- BPD bersama anggota F- BPD Kabupaten Sumbawa barat bisa mendorong BPD agar bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah agar mendorong Pemerintah Desa untuk memperhatikan peningkatan kapasitas anggota BPD dari segi penganggaran dari APBDesa. Selain itu, Operasional BPD dari ADD juga menjadi perhatian. Perubahan yang dilakukan dalam Peraturan Bupati yang mengatur itu masih dipandang belum memberikan ruang yang besar bagi penganggaran Biaya Operasional BPD di Desa. Sehingga perhatian Pemerintah Daerah sangat diharapkan.(B)
Tags