Pornas Korpri XVI 2023 Resmi Dibuka Menteri PAN-RB, Diikuti Atlet Terbanyak Sepanjang Sejarah

Barsela24news.com

Semarang, Jateng - Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2023 resmi dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mewakili Presiden Joko Widodo di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/7/2023) malam.

Acara Pembukaan Pornas XVI Korpri 2023 dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Ketua Umum DP Korpri Nasional, Zudan Arif Fakrulloh serta para petinggi Korpri dan sejumlah pejabat instansi pusat.

Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah dan dihadiri musisi Tantri Kotak dan Nella Kharisma. Ada juga penampilan tarian kolosal gatra budaya nusantara serta defile dari seluruh kontingen. 

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, dalam sambutannya mengatakan Pornas Korpri bukan hanya sebagai momen untuk olahraga, tetapi juga untuk memupuk semangat kebersamaan dan persatuan di antara Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi dan wilayah di Indonesia.

“Bersyukur atas pertemuan ini, sangat luar biasa momen ini dalam merajut persaudaraan kita. Salam hangat dari bapak Presiden untuk kita semua,” kata Menpan-RB. 

Menpan-RB menyampaikan, Pornas Korpri tahun ini mencatatkan sejarah selama penyelenggaraan berlangsung. Sebanyak 6.000 aparatur sipil negara dari seluruh Indonesia meramaikan ajang dua tahunan ini. 

“Terima kasih kepada Semarang dan Provinsi Jawa Tengah serta seluruh panitia yang sudah bekerja keras. Acara pembukaan sangat meriah dan luar biasa. Ini adalah momentum yang menjadi kenangan indah bagi seluruh kontingen selama acara berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen yang hadir didaerahnya. Pemprov Jawa Tengah, kata dia, siap menyambut hangat seluruh delegasi yang datang. 

“Saya senang sekali teman-teman seluruh Indonesia hadir disini, ditambah lagi provinsi baru di Papua juga ikut hadir dalam PORNAS tahun ini. Bahkan atlet sudah ada yang berlatih. Tidak hanya cari sehatnya, tapi semuanya motivasi sangat tinggi untuk bisa juara,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Jawa Tengah dalam Pornas Korpri XVI 2023 ini mengirim total 183 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan official.

"Sebagai tuan rumah pasti kita kirim atlet sebanyak-banyaknya tapi kita sudah sepakat untuk alokasi yang diberikan," kata Ganjar Pranowo di lokasi.

Menurut dia, meski antar instansi akan berkompetisi menjadi yang terbaik dalam memburu medali, namun yang terpenting yakni menjalin silaturahmi antar ASN.

"Yang penting kekompakan, persatuan ASN, dan kemudian kita kejar prestasi," kata Ganjar.

Selain itu, sebagai tuan rumah, pihaknya menawarkan berbagai destinasi wisata dan kuliner di Jawa Tengah untuk para peserta Pornas Korpri kali ini.

"Agar kawan-kawan yang hari ini berkumpul cukup banyak di Kota Semarang bisa kerasan, terhibur, dan kompetisinya bisa menyenangkan karena ini pertandingan antar sahabat," katanya.

Sebanyak 6.000 atlet dari 101 kontingen, yang berasal dari 38 provinsi dan 63 kementerian serta lembaga negara yang mengikuti Pornas Korpri 2023 di Jawa Tengah. Gelaran olah raga ini berlangsung selama 8 hari mulai dari 14 Juli 2023 hingga 21 Juli 2023. 

Adapun 10 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah futsal, gateball, senam Korpri, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, basket, voli, balap sepeda, dan catur. Total ada 54 medali emas, 54 medali perak dan 71 medali perunggu yang diperebutkan dalam gelaran Pornas XVI Korpri 2023. (Marhen)
Tags