DKP: Laut Aceh Menyimpan Potensi Energi yang Besar

Barsela24news.com

Banda Aceh - Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Aliman mengatakan, laut Aceh memiliki 2817 Km garis pantai, yang berbatasan langsung laut dunia.

Ia menilai, begitu pentingnya pengetahuan hidrografi. Termasuk pertahanan keamanan, lingkungan, dan lain-lain.

"Kita juga perlu membahas potensi energi di dalamnya, yang tidak hanya perikanan. Laut Aceh menyimpan potensi energi yang besar, khususnya minyak dan gas. Potensi ini perlu digarap," ujar Aliman dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Hal senada disampaikan Komandan Pushidrosal, Laksdya TNI Nurhidayat. Ia turut memuji perkembangan Aceh, yang luar biasa bertumbuh setelah peristiwa tsunami tahun 2004.

Saat kembali ke Serambi Mekkah, dirinya melihat laut Aceh sangat bersih lagi tertata rapi. Pihaknya juga menemukan ada tujuh gunung di laut Aceh belum bernama.

"Saya sudah sampaikan kepada Pak Kadis (DKP), bila nama-nama yang sesuai dan diinginkan orang Aceh, silahkan beritahu kami, agar kami sampaikan ke PBB untuk dinamakan gunung dalam laut Aceh," ucap Laksdya TNI Nurhidayat.

Dalam pertemuan itu, dia juga menjelaskan secara komprehensif mengenai laut Indonesia. Menurutnya, benar sekali apa yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo bahwa Indonesia adalah poros maritim dunia, sebab banyak sekali yang melintasi atau masuk ke laut Indonesia.

"Maka penting sekali pendataan yang baik, karena bila tidak, maka kita akan menjadi black area atau tempat yang tidak menyenangkan," ujarnya. (*)
Tags