FGD Penyusunan Rencana Induk Smart City Kabupaten Aceh Barat Tahap II di Tutup

Barsela24news.com

Meulaboh, Aceh - Kepala Bidang Layanan E-Government Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Hendri Dermawan menutup acara FGD penyusunan rencana induk smart city Kabupaten Aceh Barat tahap II, di Meuligoe Hotel, Kamis (10/8/2023).

Hendri Dermawan mengatakan, kegiatan FGD penyusunan rencana induk smart city Kabupaten Aceh Barat tahap II sudah berlangsung selama dua hari, dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan program yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten Aceh Barat Dalam rangka menuju rencana induk smart city kabupaten tersebut harus dikolaborasikan. 

"kolaborasi itu penting, agar program-program yang mengarah ke smart city bisa dikelompokkan, misal terkait dengan Smart living itu OPD mana saja yang terlibat untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di kabupaten Aceh Barat secara cerdas," Kata Hendri

Ia menyebutkan, terkait dengan smart government, OPD yang terlibat disana adalah tim koordinasi SPBE ada Bappeda, Keuangan, Inspektorat, kominsa dan ada juga BKPSDM dengan SDM pengelola SPBE.

"jadi kolaborasi antar OPD ini harus terlihat dalam program kegiatan dan harus terintegrasi," sebut Hendri

Lebih lanjut Hendri menjelaskan tentang smart-smart yang lain, misalnya smart society yang berhubungan dengan kemanusian, contohnya ada bantuan-bantuan dari instansi lain, itu harus saling berkolaborasi jangan sampai tumpang tindih.

Ia menambahkan, program kegiatan disetiap OPD dan instansi harus sinergi dan terlihat irisan-irisannya, contoh lain seperti PLN dengan PU dan PDAM harus berkolaborasi dalam menjalankan programnya masing-masing. (*)
Tags