Gampong Batu Itam Aceh Selatan Berhasil Bawa Pulang Hadiah 10 Juta Rupiah

Barsela24news.com


ACEH SELATAN - Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, Kabupaten Aceh Selatan menyelenggarakan berbagai acara perlombaan, seperti jalan cepat, gerak jalan indah dan lomba pawai Karnaval.

Pada lomba pawai Karnaval, 13 dari 16 Gampong (Desa) dalam Kecamatan Tapaktuan ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78 di Kabupten Aceh Selatan ini, Minggu (13/8/2023).

Adapun Desa -Desa dalam Kecamatan Tapaktuan yang ikut perlombaan pawai Karnaval ini, Gampong Pasar, Gunung Kerambil, Hilir, Tepi Air, Lhok Bengkuang, Lhok Bengkuang Timur, Panton Luas, Batu Itam, Lhok Rukham, Kampong Padang, Lhok Ketapang, Kampung Hulu dan Jambo Apha. Sedangkan Panjupian, Air Berudang dan Air Pinang tidak mengikutsertakan desanya dalam acara ini.

Para peserta masing-masing Gampong menampilkan berbagai pakaian Adat dan Budaya dari seluruh Nusantara tanah air, termasuk juga menyuguhkan berbagai atraksi potret perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.


Selain bertujuan untuk mengenang perjuangan tempo dulu dan menanamkan jiwa nasionalisme genarasi penerus, pawai ini juga diperlombakan antar Gampong dalam hal ini di wilayah Kecamatan Tapaktuan.

Kisah-kisah perjuangan tempo dulu diperagakan masing-masing Gampong yang ikut lomba Karnaval dengan tema Kemerdekaan Republik Indonesia.

Desa Batu Itam Kecamatan Tapaktuan sendri, menampilkan kolase kisah perjuangan Pahlawan dalam melawan penjajahan Jepang. Potret penindasan masyarakat dan peperangan di pertontonkan dalam atraksi ini dihadapan juri, Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan unsur Forkompimda serta ribuan penonton yang menyaksikan acara ini di buat nya terkagum kagum.

Alhasil, Desa Batu Itam keluar sebagai Juari pertama (I) dan membawa hadiah berupa Tropi dan uang tunia 10 juta rupiah.


Kepala Desa Batu Itam Irwan Is disela-sela menerima hadiah tersebut mengaku sangat puas sekaligus berbangga diri.

"Alhamdulillah, kami sangat senang, puas dan bangga tentunya mendapatkan juara pertama. Ini tidak lain adalah berkat perjuangan, kerja keras, kegigihan dan kekompakan masyarakat Batu Itam,"ungkap Keuchik kepada awak media disela-sela usai menerima hadiah tersebut.

Sedangkan diposisi ke Dua diperoleh Gampong Padang, posisi ke Tiga Desa Jambo Apha, juara harapan Satu Desa Hilir, harapan ke Tiga Desa Lhok Bengkuang dan juara harapan ke Empat diperoleh Desa Pasar.

Sementara, untuk juara pada perlombaan garak jalan indah tingkat SLTP tim putra dan Putri, Juara 1 tim Putra dari MTsN 3 Tapaktuan, Juara 2 SMPN 2 Tapaktuan, Juara 3 MUQ Tapaktuan dan Juara 4 tim Putra dari SMPN 1 Tapaktuan.

Pada tim Putri, juara 1 SMPN 2 Tapaktuan, Juara 2 MTsN 3 Tapaktuan, Juara 3 SMPN 1 Tapaktuan dan Juara 4 tim Putri dari SMPN 3 Tapaktuan.

Sedangkan perlombaan gerak jalan cepat tingkat SLTA, tim Putri juara 1 SMAN 1 Tapaktuan, Juara 2 SMKN 1 Tapaktuan Juara 3 MAN 1 Tapaktuan dan Juara 4 SMAN 2 Samadua.

Pada tim Putra, Juara 1 SMAN 1 Tapaktuan, juara 2 SMAN Unggul Tapaktuan, juara 3 MUQ Tapaktuan dan juara 4 SMKN 1 Tapaktuan. (Tini)