Mengenal “Festival Melala”, Tradisi Menyambut Tahun Baru Hijriah di Sumbawa

Barsela24news.com

Sumbawa, NTB - Festival Melala merupakan tradisi masyarakat Sumbawa yang dilakukan dalam menyambut tahun baru Hijriah. Dalam tradisi ini, masyarakat beramai-ramai membuat obat berupa minyak atau yang biasa dikenal dengan Minyak Sumbawa.

Tak mau ketinggalan, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dan Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany menyaksikan langsung Festival Melala Sumbawa pada Selasa malam 1 Agustus 2023.

Bang Zul sapaannya, berkeliling melihat proses pembuatan Minyak Sumbawa yang mana setiap masyarakat memiliki cara dan resep tersendiri dalam pembuatannya.

Minyak ini dibuat oleh “Sandro”, yang merupakan sebutan untuk orang pintar di Sumbawa. Para Sandro membuat minyak obat ini, dengan berbagai rempah-rempah.

Minyak Sumbawa ini diklaim memiliki berbagai khasiat, mulai dari penyembuhan penyakit fisik, hingga penyakit yang disebabkan oleh supranatural. Minyak Sumbawa sendiri sudah dikenal secara luas oleh masyarakat.(*)