Pemkot Semarang Kebut Pembangunan Fasilitas SMPN 45

Barsela24news.com

Jurnalis : Marhen
Semarang, Jateng -
Fasilitas pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui Dinas Pendidikan, Pemkot Semarang terus mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.

Salah satunya di SMPN 45 yang berada di Jalan Rejomulyo I Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan sekolah baru. Saat ini prioritas pembangunan menambah ruang kelas dan fasilitas olah raga.

"Tahun ini dibangun lokal baru dua lantai yang terdiri atas 3 ruang kelas, 1 ruang serba guna dan 1 ruang yang akan difungsikan sebagai tempat parkir sepeda motor," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto, Rabu (30/8/2023).

Progres pembangunan gedung baru SMPN 45 tersebut sampai saat ini sudah lebih dari 60 % atau melebihi target yang telah ditentukan.

Selain bangunan dua lantai, Pemkot Semarang juga menambah fasilitas lainnya. 

"Sebagian lahan kosong di depan gedung sekolah dibangun lapangan, baik untuk upacara maupun olah raga. Saat ini pembangunan lapangan sudah sampai pada tahap pengecoran," tutur Bambang. 

Menurutnya, SMPN 45 masih membutuhkan banyak ruangan dan fasilitas. Bahkan saat ini ruang TIK belum tersambung instalasi listrik dan jaringan internet.

Untuk itu, kata Bambang, Dinas Pendidikan mengusulkan pembenahan laboratorium TIK berstandar ANBK dan praktik pembelajaran informatika di samping pembangunan kantin, penyempurnaan lapangan, pengadaan sound sistem kelas, hingga ruang penunjang lainnya seperti UKS dan perpustakaan. 

"Progres penambahan sarana prasana dilakukan secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan fisik SMPN 45, sehingga harapannya akan bisa menambah daya tampung sekolah tersebut," katanya

Dia menambahkan, pada awal tahun pelajaran 2022/2023 karena merupakan sekolah baru, SMPN 45 hanya mampu menampung 3 kelas pembelajaran. 

Saat PPDB tahun 2023/2024 sudah mampu menampung 3 rombel (rombongan belajar) lagi.

"Dengan demikian pada tahun pelajaran 2023/2024, SMPN 45 total mempunyai 6 rombel dengan 6 ruang kelas dan jumlah siswa 191 orang," jelas Bambang

Sebagai pendukung untuk kegiatan publikasi, lanjut Bambang, SMPN 45 sendiri saat ini sudah menggunakan website resmi pada portal https://smpn45.semarangkota.go.id/

"Keberadaan SMPN 45 diharapkan menjadi alternatif sekolah bagi siswa yang tinggal di wilayah Ngaliyan, Mijen dan sekitarnya," tandasnya. (Marhen)
Tags