Ribuan Siswa Kurang Mampu di Kabupaten Semarang Dapat Beasiswa

Barsela24news.com

Semarang, Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang memberikan bantuan beasiswa kepada ribuan siswa kurang mampu.

Penerima beasiswa berasal dari 492 SD, 77 Madrasah Ibtidaiyyah (MI), 98 SMP dan 42 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayah Kabupaten Semarang.

Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo, kepada perwakilan siswa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jateng pada Kamis 3 Agustus 2023.

Di hadapan para siswa dan orang tua penerima beasiswa, Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, beasiswa tersebut diberikan untuk menunjang penuntasan wajib belajar sembilan tahun hingga jenjang SMP dan sederajat.

Bupati Ngesti juga menekankan, agar dana beasiswa yang diberikan itu bisa digunakan sebaik mungkin sesuai kebutuhan sekolah para siswa.

"Gunakan sebaik mungkin untuk sekolah anak, seperti untuk dibelikan tas, buku, sepatu, seragam, kaos kaki, dan untuk uang saku anak-anak tersebut," tegasnya

Bantuan beasiswa untuk siswa kurang mampu ini diberikan kepada siswa SD termasuk MI ada 3.000 siswa. Masing-masing siswa menerima beasiswa sejumlah Rp 500.000.

Sedangkan untuk jenjang SMP termasuk MTs ada 1.500 siswa. Masing-masing siswa mendapatkan Rp 750.000.

Pemberian beasiswa kepada siswa kurang mampu ini menggunakan anggaran APBD 2023 dengan total Rp 2.625 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo menjelaskan, tujuan utama pemberian beasiswa untuk mencegah siswa putus sekolah.

Selain itu, juga bisa menjadi motivasi bagi siswa agar semakin giat belajar.

"Semoga bisa bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin, kami hanya sebagai fasilitas saja, tentu berharap yang terbaik," harapnya. (Marhen)
Tags