Tips 4 Sehat, 5 Berkah Membangun Pola Hidup Sehat Holistik

Barsela24news.com

Oleh : Saipul Wathan

Hal yang paling Mendasar yang dibutuhkan dalam Hidup setiap Makhluk adalah KESEHATAN yang ideal,baik itu Sehat Jasmani maupun Sehat Rohani untuk Menjalan kan segala aktivitas sebagai Makhluk hidup khususnya kita sebagai manusia.setiap manusia pasti mengharapkan diberikan oleh Alloh SWT kesehatan jasmani dan Rohani .Hal ini bisa terwujudkan jika ada kesadaran masing- masing manusia untuk mengupayakan sesuai harapannya . Berikut ini Rangkaian konsep Sederhana untuk mewujudkan harapan tersebut :👇🏻

1).Mengkonsumsi yang Halal lagi baik dan tidak berlebihan.

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makan dan minum yang halal dan thoyyib (baik)merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Makanan yang halal dan thoyyib artinya makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. Halal dalam pemahaman fuqaha adalah halal dari segi zatnya dan prosesnya. Disebut thoyyib juga jika makanan tersebut aman, baik, dan tidak menimbulkan masalah apapun jika dikonsumsi, baik jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat memberi manfaat bagi tubuh. Sesuai dengan firman Allah SWT : _“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi…”(QS. Al Baqarah, 2:168)._

Adapun ketentuan makan dan minum yang cukup juga dijelaskan dalam Al Qur’an Surat Al A’raf ayat 31: _
“…makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan…”_ artinya makan dan minum yang cukup, dijelaskan untuk tidak berlebihan.

Dalam hal ini yang perlu perhatikan tidak cukup sekedar halal tapi juga baik dan sesuai takarannya tidak berlebihan untuk tubuh kita walaupun yang Alami apalagi kimiawi.Dalam penerapan Rawatan kesehatan dan ikhtiar pengobatan suatu penyakit ringan alangkah baiknya dengan cara yang alami dulu menyeimbangkan unsur dalam tubuh seperti : mengkonsumsi buah,sayur dan Herbal yang sesuai untuk tubuh(tidak sembarangan)

2). MENATA HATI & PIKIRAN Dengan Senantiasa Zikir kepada Alloh SWT  

Untuk menjaga kesehatan, umumnya kita akan menjalankan gaya hidup sehat, termasuk mengatur pola makan, pola tidur, dan rutin berolahraga. Namun, apakah itu cukup? Bisa jadi tidak, sebab apa yang Anda pikirkan juga berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

Pikiran dan Jiwa(Hati) satu kesatusn yang saling berkaitan,jika pikiran kita baik maka jiwa pun akan baik pula.

Penelitian di Stanford University, Amerika Serikat, mengungkapkan hubungan antara pola pikir dan kesehatan. Menurut para ilmuwan, orang yang berpikir negatif mengenai aktivitas fisiknya cenderung menganggap dirinya tidak bugar.

Selama 21 tahun, peneliti melakukan riset mengenai berapa banyak orang berolahraga sekaligus mengamati data kematian pada 61.000 orang dewasa.

Peneliti menyatakan bahwa orang yang berpikir bahwa dirinya tidak melakukan olahraga sebanyak rekan-rekan mereka, meninggal lebih dini daripada orang yang berpikir bahwa dirinya sudah melakukan banyak olahraga, bahkan ketika jumlah latihan yang sebenarnya mereka lakukan adalah sama.

Salah satu alasan mengapa pola pikir memengaruhi kesehatan adalah karena persepsi negatif yang selalu Anda pikirkan dapat membuat diri sendiri merasa khawatir dan stres. Kemudian kekhawatiran ini akan berdampak pada kesehatan fisik.
Sesuai yang diRiwayatkan dalam hadist sebagai berikut
"Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku. Aku bersamanya apabila ia memohon kepada- Ku." (HR Muslim).

Dalam hal ini untuk menjaga pikiran dan hati senantiasa positif bisa dengan ZIKIR kepada Alloh SWT.sedangkan dalam proses ihktiar pengobatan penyakit yg bersumber dari pikiran bisa dengan Metode Totok kepasrahan sinergi(Topas),Hipnoterapi,SEFT, Rukyah,dll.

3). MENJAGA DARAH YANG SEHAT dengan Rutin BERBEKAM

Bekam menjadi salah satu terapi pengobatan dan upaya rawatan kesehatan yang cukup digemari masyarakat. Tanpa konsumsi obat, beberapa orang mengaku merasakan manfaat bekam bagi kesehatan Tubuh. Sebenarnya, bagaimana efektivitas bekam menyembuhkan penyakit dan membuat tubuh Sehat ?

"Prosedurnya yaitu dengan membersihkan peredaran darah. Darah manusia itu ada usianya 30 hari. Kalau bentuknya sudah tidak bagus biasanya akan didaur ulang oleh liver tapi kadang ada yang tidak didaur ulang,",

Nah, , darah yang tidak ikut didaur ulang nantinya akan membentuk sedimentasi yang menyebabkan macam-macam penyakit. Saat itulah, bekam diklaim bisa 'mengikis' sedimentasi tersebut

Bekam akan menarik sel darah-darah yang telah rusak itu. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah jadi bisa disembuhkan," 

Selain itu juga Bekam tidak hanya sebagai ikhtiar pengobatan saja tetapi juga bisa dijadikan Rawatan kesehatan sebagai bentuk upaya preventif.untuk itu perlu melakukan *RAWATAN BEKAM setiap bulannya* dengan tujuan mengeluarkan,membersihkan,dan mengurangi toksin,gas dan darah rusak /kental yang berlebih.

Sindrom darah kental adalah serangkaian gejala yang muncul akibat kekentalan darah berlebihan. Akibat darah terlalu kental, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Pasokan oksigen ke sel-sel tubuh pun terhambat. Migrain adalah salah satu gejala karena pasokan oksigen ke otak tersendat. Tidak banyak orang yang tahu atau waspada tentang efek berbahaya dari sindrom darah kental ini, padahal sudah banyak korban stroke atau serangan jantung akibat darah kental.

Proses Bagaimana Darah menjadi Kental

Darah jadi kental karena kekurangan cairan darah atau trombosit (zat yang berperan dalam pembekuan darah) sehingga mudah lekat satu sama lain. Bila seseorang memiliki kolesterol tinggi atau punya kebiasaan merokok, darah yang sudah kental semakin susah mengalir. Kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah membuat penampang pembuluh darah menyempit.

Adapun asap rokok akan merusak lapisan dinding pembuluh darah bagian dalam (endotel). Endotel ini turut mengaktifkan sistem pembekuan darah. Apabila endotel rusak, trombosit akan mudah melekat satu sama lain. Hambatan-hambatan dalam pembuluh darah ini dikenal sebagai trombosis. Trombosis bisa terjadi di seluruh pembuluh darah. Karena itu, dampaknya tergantung dari bagian pembuluh darah yang terhambat. Jika trombosis terjadi di pembuluh otak, akan terjadi stroke. Sementara itu, pada pembuluh jantung akan menyebabkan serangan jantung.

Hasil survey dari banyaknya pasien yang melakukan check up pemeriksaan darah di Lab dan Rumah Sakit, diketahui ternyata banyak perempuan muda sekarang menderita kekentalan darah ini dan rata-rata usianya berkisar dari 18-45 tahun.

Pemicu pengentalan darah bisa dari gaya hidup yang tidak sehat dan stress tinggi. Ada juga dari faktor genetis alias keturunan, tapi ini jarang sekali terjadi. Dan hampir setiap hari selalu ada pasien baru yang didiagnosis darah kental di sana. Pasien biasanya datang dengan keluhan pusing, migrain, pandangan berputar (vertigo), telinga berdenging (terkadang tuli mendadak), serta penglihatan terganggu. Nah semua itu tadi adalah gangguan pembuluh darah akibat darah kental. Terjadi bukan cuma di perempuan, tapi bnyk juga terjadi di pria.

4). MENJAGA STRUKTUR TULANG BELAKANG TUBUH DENGAN TUMA'NINAH GERAKAN SHOLAT & OLAHRAGA

Tulang belakang memiliki peran penting dalam menopang tubuh manusia. Dengan mengenali struktur tulang belakang, Anda dapat memahami fungsinya lebih dekat dan mengantisipasi gangguan yang bisa terjadi.

Tulang belakang berfungsi sebagai penyangga kepala, bahu, dan tubuh manusia agar mampu berdiri tegak, duduk, berjalan, dan bergerak dengan fleksibel. Tak hanya itu, struktur tulang belakang berperan besar dalam melindungi sumsum tulang belakang dari cedera.

Di dalam tulang belakang terdapat sumsum tulang dan jaringan saraf yang beroperasi dari tengkorak hingga punggung bawah. Semua ini merupakan bagian dari sistem saraf pusat. Sepanjang tulang belakang, terdapat bukaan tempat keluarnya cabang saraf untuk menyampaikan pesan antara otot dan otak.

Untuk Menjaga struktur sendi dan tulang belakang kita dengan memperhatikan Tumakninah Gerakan Sholat kita atau bisa dengan olahraga.Dari sinilah unsur dasar sehingga tercipta berbagai macam metode TERAPI pengaturan tulang belakang untuk mereposisi struktur tulang belakang seperti : *TERAPI YUMEIHO,CHIRO,ToKSI TOR,RESISTA,KREK dll.Tekhnik ini yang kami gunakan di LaTahzan therapy center(LTC) Selong dalam ikhtiar pengobatan kasus permasalahan urat,sendi,tulang belakang,otot ,syaraf dll.


5). BERKAH dengan SEDEKAH

Setelah empat langkah diatas sudah dilakukan,Maka tercipta KESEHATAN HOLISTIK sesuai harapan anda. akan tetapi tidak cukup sekedar sisi kesehatan saja namun perlu nilai lebih dari kesehatan itu sendiri yakni KESEHATAN YANG BERKAH .salah satu cara memproleh nilai BERKAH nya dengan SEDEKAH.

Islam memerintahkan kita untuk berikhtiar mencari obat dari penyakit yang diderita. Semua penyakit pasti ada obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu tua atau kematian.

Obatilah orang-orang sakit kalian dengan bersedekah.” ( _Dinilai hasan oleh Syekh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ dan Shahih At-Targhib)

Dalam hadist lain dijelaskan 
" Sedekah memiliki khasiat yang kuat menolak berbagai macam bala (termasuk penyakit). Bahkan, sekalipun itu dari orang yang ahli maksiat, zalim, maupun orang kafir. Melalui sedekah yang mereka lakukan, Allah angkat bala. Khasiat sedekah seperti ini disaksikan oleh banyak orang, orang-orang berilmu, atau kaum awam umumnya, bahkan seluruh penduduk bumi mengakuinya karena mereka telah merasakan sendiri.” (Jami’ Al-Fiqh, 3: 7)

Demikian lah konsep yang kami terapkan dalam penanganan pasien di LaTahzan therapy Center (LTC)Selong.

 _Semoga Bermanfaat ..._
Tags