Ciptakan Pemilu Damai, Polda Jateng Beri Pembekalan Lurah, Camat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Jawa Tengah

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Para Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah, dan Camat se-Provinsi Jawa Tengah yang bersinggungan langsung dengan pelaksanaan pemilu 2024 dikumpulkan di Masjid Agung Jawa Tengah Convention Hall, Kota Semarang, Kamis (7/9/2023).

Mereka mendapat pengarahan dan pembekalan dari Polda Jateng, KPU Jateng, dan Bawaslu Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi memberikan arahan dalam acara tersebut. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Penjabat Gubernur Jateng Komjen (Purn) Nana Sudjana.

Ahmad Luthfi menekankan, agar para pemangku jabatan enam pilar ini diharapkan memahami tugas pokoknya selama pemilu sehingga bisa menjadi sistem pendingin guna terciptanya pemilu yang aman dan damai.

Kapolda menyebut berkumpulnya enam pilar tersebut sebagai bentuk konsolidasi untuk mewujudkan pemilu damai di Jawa Tengah, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar pejabat di wilayah. Sehingga mampu mencegah munculnya kerawanan yang dapat mempengaruhi pemilu 2024.

Adapun materi pokok dalam pembekalan yang pertama dilakukan oleh Ketua KPU Propinsi Jateng berupa Pentahapan Pemilu 2024 serta Indeks Kerawanan Pemilu 2024.

Selanjutnya juga dibahas mengenai pelanggaran yang sering terjadi selama pemilu dan cara penanganannya dalam materi yang disampaikan oleh Bawaslu Propinsi Jateng. Materi terakhir berupa Mekanisme Penanganan Tindak Pidana Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Direktur Reskrimum Polda Jateng.

Kapolda menilai, jangka waktu pelaksanaan pemilu yang cukup panjang mulai dari pilpres hingga pilkada serentak, membuat merasa perlu untuk membentuk sistem pendingin satgas guna mendinginkan permasalahan yang timbul.

“Kami berharap di masyarakat tidak terjadi polarisasi, politik identitas, black campaign, dan sebagainya sehingga tercipta gelaran pemilu yang aman dan damai,” ujarnya.

Ketua KPU Jawa Tengah Paulus Widiyantoro dan Bawaslu Jawa Tengah turut mengapresiasi kegiatan pembekalan 6 pilar yang diinisiasi oleh Polda Jateng.

Widyantoro menjelaskan, Jawa Tengah merupakan barometer keberhasilan pemilu di indonesia. Dia berharap penyelenggaraan pemilu mendatang berjalan sukses dan damai seperti pemilu yang telah diselenggarakan sebelumnya.

"Pada tahun 2019 dan 2020 Jateng sukses menggelar pemilu tanpa ekses, diharapkan hasil ini dapat diraih kembali dalam pemilu mendatang," tandasnya. (Marhen)
Tags