Jambore Daerah SD/MI Jateng 2023 Ditutup, Riena : Santai Tapi Penuh Ilmu

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Jambore Daerah SD/MI Jateng 2023 resmi ditutup, setelah lima hari melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dan keterampilan pramuka dengan penuh kegembiraan.

Selama lima hari, sebanyak 1.120 orang pramuka penggalang berkemah di Buper Candra Birawa, Kota Semarang, Jawa Tengah untuk mengasah berbagai keterampilan.

Kegiatan tersebut diharapkan melahirkan generasi pandu yang cakap di berbagai bidang, termasuk menangkal hoaks dan melek literasi digital.

Wakil Ketua Kwarda Jateng Bidang Humas dan Informatika, Riena Retnaningrum mengatakan, peserta jambore berasal dari 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah.

Ada perbedaan kegiatan kali ini dengan event serupa yang digelar sebelumnya. Kegiatan kali ini berlangsung dengan suasana santai namun penuh ilmu yang diberikan kepada para peserta.

“Ini keren sekali, Jambore SD/MI tahun ini dilaksanakan sangat casual,” ujarnya, mewakili Ketua Mabida Jawa Tengah Nana Sudjana, saat menutup kegiatan tersebut, Jumat (29/9/2023).

Riena menyebut, dalam rangkaian kemah Jambore SD/MI 2023, tidak hanya keterampilan pramuka tradisional yang ditekankan sepert tali temali maupun keterampilan kepramukaan. Tetapi juga keterampilan kekinian, seperti kegiatan wawasan dan teknologi, kegiatan petualangan dan ketangkasan, serta kegiatan inspirasi dan apresiasi.

Menurutnya, berbagai kegiatan yang dilakukan mencerminkan semangat pramuka yang penuh dengan kebahagiaan, kerja sama, dan semangat gotong royong. Mereka tetap berpegang pada prinsip Dasa Dharma dan Tri Satya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Jambore SD/ MI sangat melek literasi digital. Harapannya, dapat menangkal berita hoaks yang mungkin ke depan sangat banyak,” tuturnya.

Wakil Ketua Panitia Jambore SD/MI 2023, Hernowo Budi Luhur mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh total 1.365 orang, terdiri dari peserta 1.120 orang, bindamping 240 orang, pendukung kontingen 70 orang, dan pimpinan kontingen sebanyak 35 orang.

Selain kegiatan utama, terdapat juga kegiatan tambahan seperti pertemanan melalui tautan barcode, lomba vlog, dan sebagainya.

“Dari survei digital maupun langsung, sebanyak 81,5 persen peserta menyampaikan kegiatan jambore sangat menarik, sebanyak 17 persen menyampaikan menarik. Sementara hanya satu persen yang menyampaikan kegiatan tidak menarik,” pungkasnya. 
(Marhen)
Tags