Melvita Sari: Komisi III Tolak Pembahasan Raqan Penyertaan Modal BAS

Barsela24news.com


Langsa, Aceh - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa menolak Rancangan Qanun (RAQAN) Penyertaan Modal Dalam Bentuk Tanah dan Bangunan pada PT. Bank Aceh Syariah (BAS) disebabkan Raqan tersebut tidak sesuai dengan laporan Panitia Legislasi DPRK Langsa terhadap Program Legislasi Kota Langsa Tahun 2023 yang disampaikan pada Rapat Paripurna sebelumnya.

"Raqan yang diajukan dan disampaikan Pada Komisi III tentang Penyertaan Modal Tanah dan Bangunan BAS oleh Pemko Langsa itu pada Laporan Panitia Legislasi (PANLEG) sebenarnya berjudul Penyertaan Modal dalam Bentuk Uang Tunai, Namun berubah menjadi Penyertaan Modal dalam Bentuk Tanah Dan Bangunan. Ini sudah tidak sesuai dan menyalahi prinsip Orisinalitas dalam penyusunan suatu qanun," ujar Sekretaris Komisi III DPRK Langsa Melvita Sari, S.AB kepada wartawan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa, Jum’at (1/9/2023).

Menurut Melvita Sari, Dalam Penyertaan Modal Pemerintah pada PT. Bank Aceh Syari’ah berupa tanah dan bangunan tersebut tidak ada dasar aturannya untuk dilanjutkan pembahasan. Karena Proleg yang disahkan tidak sesuai dengan Rancangan yang di ajukan.

"Ini jelas bertentangan dengan Ketentuan yang ada, Belum lagi adanya klausul tentang penghapusan Aset Daerah yang mana Pemko Langsa akan kehilangan kepemilikan terhadap Gedung Cakra Donya (CAKDON). Ini berpotensi bertentangan dengan keinginan masyarakat Kota Langsa. Oleh karena itu, kami akan tetap konsisten dengan apa yang sudah ditetapkan di Komisi III , yakni menolak penjualan Gedung Cakdon," Ujar Anggota DPRK Langsa yang berasal dari Dapil 2 (Langsa Timur & Langsa Lama)

Melvita juga menyampaikan bahwa gedung tersebut masih dimanfaatkan oleh Pemko Langsa dalam penyelenggaraan kegiatan dan juga masih difungsikan sebagai kantor Dinas Pemko Langa. 

“Gedung tersebut masih sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Langsa terutama kantor BPKD dan Baitul Mal yang masih berada disana dan beberapa waktu yang lalu Pemko Langsa juga mengadakan malam resepsi pada tanggal 17 Agustus 2023 disana,” Tutup Anggota DPRK Langsa Termuda Melvita Sari, S.AB. (T. J. IQBAL)
Tags