Peduli Mantan Pejuang, FPPI Jateng Beri Santunan Kepada Veteran

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Puluhan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Ranting 03 Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah menerima santunan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Tengah. Selain santunan, mereka juga menerima bantuan paket kebutuhan sehari-hari.

Santunan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua DPD FPPI Provinsi Jateng Rugayawati, S.Sos, M.Kes pada pertemuan rutin LVRI dan PIVERI Markas Ranting 03 Gayamsari bertempat di kediaman Ibu Wulan, Gayamsari, Kota Semarang, Jateng, Minggu (10/09/2023).

“Semua anggota LVRI diberi santunan, mengingat mereka sudah sepuh dan ada yang sakit, penyerahan santunan akan diantar ke rumah masing-masing para veteran dan janda veteran,” tutur Rugayawati

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua LVRI Markas Cabang Kota Semarang, Bpk. Kol (Pur) Bambang Priyoko,SIP beserta istri Ibu Dr. Hj. Diah Angraeini,SH,MH yang juga Ketua Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) Kota Semarang, Ketua PIVERI Ranting 03 Gayamsari, Ibu Sumilah Samidi dan Sekretaris LVRI Ranting 03 Gayamsari M. Yusuf mewakil Ketua Bp. Samidi yang sedang sakit serta Ketua dan Pengurus DPD FPPI Provinsi Jateng.

Pemberian santunan tersebut sebagai bentuk perhatian dan kepedulian dari FPPI dan BAZNAS Jateng kepada keluarga veteran yang dulu berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Ketua DPD FPPI Provinsi Jateng, Rugayawati menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk membantu keluarga veteran yang sangat membutuhkan kebutuhan pokok sehari-hari yang dirasakan semakin hari semakin berat karena harga sembako terus beranjak naik.

Selain itu, juga sebagai wujud syukur dan kepedulian kepada mantan pejuang kemerdekaan yang telah mempertaruhkan nyawa dan harta untuk kemerdekaan Indonesia. 

"Meskipun tidak seberapa, kami berharap santunan ini bisa membantu meringankan beban kebutuhan sehari-hari. Bantuan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan perjuangan para veteran saat berjuang merebut kemerdekaan dengan penuh pengorbanan jiwa dan raga,” ucap Rugayawati

Dalam kesempatan tersebut, Rugayawati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BAZNAS Jateng atas kerjasamanya telah bersinergi memberikan bantuan kepada para veteran dan keluarganya.

“Semoga bantuan tersebut bermanfaat dan bisa meringankan beban kehidupan para veteran dikala harga beras dan kebutuhan pokok naik melambung tinggi,” katanya

“FPPI dan BAZNAS berupaya selalu hadir dikala masyarakat membutuhkan dan semoga menjadi berkah bagi kita semua,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua LVRI Markas Cabang Kota Semarang, Bpk. Kol (Pur) Bambang Priyoko,SIP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada FPPI dan BAZNAS Jateng.

"Mewakili teman-teman semuanya, saya banyak berterima kasih kepada FPPI dan Baznas Jateng, meskipun hanya sebagai perantara tapi pahalanya besar sekali," ucap Kol (Pur) Bambang Priyoko.

Ia kemudian membeberkan suka dukanya dalam berjuang melawan penjajah. Dimana, kala itu perjuangan para pejuang melawan penjajah dengan keterbatasan perlengkapan senjata namun tidak menjadi hambatan untuk maju dan melawan penjajah yang bersenjata lengkap.

Para veteran yang sekarang masih hidup dan sebagai anggota LVRI Ranting 03 Gayamsari usianya 92 tahun tapi masih aktif dalam masyarakat.

"Tadi yang memimpin doa untuk kesembuhan ketua ranting yang sedang sakit adalah salah satu pejuang veteran yang masih sehat dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkas Bambang Priyoko. (Marhen)
Tags