Wali Kota Semarang Pantau Proses Bom Air Pemadaman TPA Jatibarang

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Upaya pemadaman kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu terus melakukan pemantauan di lapangan guna memastikan proses pemadaman berjalan lancar.

Bahkan, pada Minggu (24/9/2023), Wali Kota yang akrab disapa Mbak Ita ini memimpin langsung upaya pemadaman api menggunakan water bomb.

Water bombing dilakukan menggunakan helikopter jenis Puma Super milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Helikopter water bombing yang terbang mengangkut 4.000 liter dari Waduk Jatibarang, dapat membantu pemadaman dari udara selama 3-4 jam.

"Ini adalah sortie (pengambilan udara) kedua yang dilakukan untuk pemadaman di wilayah TPA Jatibarang. Kemarin ada 52 kali penyemprotan. Dari 30 titik awal yang dimonitor kemarin sudah mulai padam. Tadi pagi masih terdeteksi ada 6 titik," ujar Mbak Ita, Minggu (24/9/2023)

Menurutnya, jika dilihat dari permukaan menggunakan drone memang sudah tidak ada api maupun asap. Tetapi prediksi di dasar gunung sampah masih ada api yang sewaktu-waktu dapat menyala lagi.

"Hasil koordinasi dengan Pak Kolonel Hery Setiono (Tenaga Ahli Kepala BNPB) menyampaikan hari ini ada 3 sortie, yang satu sortie-nya 3 jam dimulai setengah delapan. Kemudian sudah sekitar 16 kali (rit). Rencananya besok satu hari lagi (water bombing)," terangnya.

"Mudah-mudah dua hari ini apinya bisa padam. Karena jika sampahnya ini seperti tanah gambut maka bara apinya sampai ke dalam-dalam," imbuhnya

Dia mengatakan, pemadaman api dengan helikopter water bombing dilakukan sesuai dengan perintah Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, yang telah meninjau lokasi kebakaran beberapa waktu lalu. (Marhen)
Tags