Antisipasi Hal Tak Diinginkan, Pukat Aceh Meminta Untuk Lakukan Keamanan Extra Ketat Gudang logistik Pemilu 2024

Barsela24news.com


Tapaktuan- Alat Peraga dan Kelengkapan (apk) pemilu 2024 telah sampai di Aceh Selatan Lsm Pukat meminta KIP untuk serius dalam pengamanan logistik Pemilu 2024.

Pantauan dari awak media di lapangan bahwa sudah dilakukan pengaman oleh pihak personil polres Aceh Selatan, tanpa didampingi oleh pihak Satpol-PP juga tidak terlihat di gudang logistik. Jumat 29 Oktober 2023.

Dari pengamanan lokasi hanya dilakukan oleh personil polres Aceh Selatan tentu saja kewajiban dalam pengaman logistik pemilu bukan saja tanggung jawab dari Polisi saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab Pemda Aceh Selatan.

Direktur Pukat Adi Irwan mengatakan, kepada pemerintah daerah untuk mendukung penuh setiap tahapan pemilu yang sedang berlangsung, mulai dari tahapan awal hingga akhir, terutama terkait dana kegiatan-kegiatan dalam tahapan yang tidak dibiayai oleh anggaran pusat.

"Kami meminta kepada pemerintah daerah untuk mengarahkan Satpol-PP selaku Pamong Praja bertanggung jawab penuh dalam mengamankan dan menyukseskan gelaran program Nasional tentunya sangatlah penting mengawal dengan penuh tanggung jawab semua pihak yang terlibat didalamnya," katanya.


Lanjutnya, KIP Aceh Selatan sebagai penyelenggara dari program Nasional ini tidak membebani kepada polisi saja, karena pemilu 2024 ini adalah wilayah KIP untuk menyukseskan kegiatan pesta demokrasi terbesar bagi bangsa Indonesia.

"Dalam hal ini kita melihat seakan tanggung jawab hanya milik dari kepolisian saja, karena yang terlihat hanya personil polres Aceh Selatan yang ada dilokasi," sambungnya.

Menurutnya, kita menyayangkan kondisi hari ini apalagi gudang penyimpanan logistik pemilu berada dijalan nasional, ini bukan berarti gudang tidak aman tetapi kita perlu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita harapkan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Polres Aceh Selatan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk terlaksananya pemilu aman dan tentram di Aceh Selatan.

Dalam kesempatan ini di tempat terpasah, ketua KIP Aceh Selatan Kafrawi, SE yang di konfirmasi oleh awak media via whatsapp mengatakan, untuk pengamanan gudang logistik di atur dgn juknis KPU RI,

"Sampai saat ini juknisnya belum ada terkait penglibatan pihak mana saja sebagai pengamanan gudang kami masih menunggu juknis KPU, dan untuk saat ini logistik yang baru masuk cuma bilik suara yang merupakan logistik pendukung," katanya (Ilham)
Tags