Hadapi Kemarau Panjang, Kodim 1607/Sumabwa Dan Pegawai Serta Warga Gelar Shalat Istisqa

Barsela24news.com


Sumbawa besar,NTB - Kodim 1607/Sumbawa bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa melaksanan Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan kepada Allah SWT yang bertempat di halaman Kantor Bupati Sumbawa Jln. Garuda No.1, Lempeh, Kec. Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan Shalat Istisqa ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pegawai, dan karyawan pemerintah daerah dan Masyarakat pun diundang untuk bergabung dalam shalat meminta hujan yang di ikuti sekitar 1500 orang.

Dalam upaya menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan, ribuan pegawai Pemerintah Kabupaten Sumbawa, TNI-Polri, pelajara dan warga sekitar, berkumpul untuk melaksanakan Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan kepada Allah SWT.

Sekda Kabupaten Sumbawa, H. Hasan Basri, menjelaskan bahwa shalat istisqa bukan hanya sekadar shalat, tetapi juga sebuah bentuk permohonan ampun dan taubat kepada Tuhan. Ia mengajak seluruh warga untuk merenungkan pentingnya menjaga lingkungan, menghindari pembakaran hutan, dan aktivitas ilegal logging yang merugikan alam. "Kondisi saat ini kita dilanda kekeringan, dan kami berharap dengan kerendahan hati dan doa kita, Allah akan memberikan solusi dan hujan yang sangat kami nantikan. Kami yakin Allah Maha Mendengar," kata sekda.

Keputusan ini diambil karena cuaca yang sangat panas dan kemarau yang masih berlanjut, meskipun sudah memasuki bulan Oktober. Kekeringan telah menghantui wilayah ini, dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa berharap dengan Shalat Istisqa, hujan akan segera turun, memungkinkan pemulihan kegiatan pertanian dan sumber daya alam, serta memberi berkah bagi seluruh warga yang ada di kabupaten Sumbawa.

Dandim 1607/sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E., M.Han berharap bahwa dengan bersatu dalam shalat istisqa, wilayah ini akan terhindar dari bahaya bencana, dan hujan yang turun akan membawa manfaat tanpa membawa bencana lainnya. "Semoga doa dan upaya masyarakat Sumbawa ini diijabah oleh Allah SWT, dan hujan segera turun untuk meredakan kekeringan yang melanda wilayah ini," tutup Dandim.

(Danang/Pendim1607)
Tags