Akibat Banjir, Masyarakat Trumon Tengah Mulai Diserang Penyakit

Barsela24news.com
Sejumlah masyarakat mendatangi Posko pelayanan Kesehatan untuk berobat (Foto : dok, Hartini)
ACEH SELATAN - Selama terjadinya bencana banjir akibat meluapnya sungai Lai Soraya di Kecamatan Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan yang sudah berlangsung selama satu minggu lebih, masyarakat mulai di serang penyakit gatal gatal dan demam pilek.

Hal ini disampaikan kepala Puskesmas Ladang Tuha Kecamatan Pasie Raja Misda Laisa, yang didampingi para perawat di posko 3 pelayanan kesehatan yang berkedudukan di Kantor Camat Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan, kepada Barsela24news.com Sabtu 25/11/2023.

Menurut Misda, sebagai pelayanan kesehatan di posko 3 penyakit yang banyak diderita masyarakat setempat selama terjadinya bencana banjir ini yakni gatal gatal, Diare, Batuk, darah tinggi, penyakit jiwa dan demam pilek.

Sejumlah Tanaga medis saat berfoto di tengah genangan banjir. (Foto : dok, Hartini)
Adapun perawat yang di BKO kan ke Posko 3 yang bertempat di Kantor Camat Trumon Tengah yakni Rasyita, Wulan, Srihayu, Suhaidi, Rasmanidar Suci Martiwi, sedangkan Posko kesehatan Cot Bayu dr Fakrulrazi, Saiful, M. Yasin

"Untuk di posko 3 hari ini mulai pukul 1.00 siang tadi kita telah menerima 27 pasien yang berobat Alhamdulillah telah kita tangani semua dengan memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat Trumon Tengah yang berobat ke posko 3 ini, Siapa pun yang berobat tetap kita layani dengan penuh ramah tamah dan melayani sepuasnya," imbuhnya. 

Tenaga medis saat tiba dilokasi banjir (Foto : dok, Hartini)

Di tempat terpisah, dr. Vachrul Rauzi, di dampingi Saipul dan M. Yasin, yang turun langsung ke Gampong Cot Bayu, untuk membantu menangani masyarakat korban banjir, akibat meluapnya sungai Lai Soraya, di Gampong Cot Bayu mengatakan, kalau pasien yang berobat mencapai 102 (Seratus dua) pasien, dan penyakit yang diderita Ispa, gatal gatal dan hipertensi. 

"Sebenarnya kami berangkat pukul 8.00 pagi dari puskesmas Ladang Tuha, namun kami terlambat sampai ke Kantor Camat Trumon Tengah yang merupakan posko 3 (Tiga), karena kami terhalang di penyebrangan sehingga kami sampai ke posko 3 Jambo Papeun pukul 11.00 wib," pungkasnya ( tini)