Baitul Mal Aceh Apresiasi Pj. Bupati Aceh Selatan Karena Menjadikan Baitul Mal Sebagai Mitra

Barsela24news.com
Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh, Mohammad Haikal, ST, M.I.F.P
Aceh Selatan - Ketua Komisioner Baitul Mal Aceh, Mohammad Haikal, ST, M.I.F.P mengahadiri Coffee morning dengan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut. Syazalisma, S. STP. yang di selenggarakan di Hol Pendopo Bupati Aceh Selatan Selasa 28/11/2023.

Menurut Haikal dirinya sangat mengapresiasi Pj. Bupati Aceh Selatan Cut. Syazalisma yang begitu serius mem backup Baitul Mal yang menjadi Mitra Pemerintah Daerah Aceh Selatan.

"Pertama adalah bahwa kita melihat kehadiran Baitul Mal di kabupaten Aceh Selatan, benar benar merupakan sebuah institusi yang bisa menjaga dan menuntaskan kemiskinan dan juga bisa mendorong kemakmuran bagi masyarakat secara profesional, Karena profesional transparansi harus ada di sana, amanah juga harus hadir di sana sebagai sebuah lembaga dan mulai dari tanggal ini kita buat Lembaga ini menjadi benar-benar sebuah lembaga strategis," ujarnya.

Lanjutnya, Kita akan mengkomunikasikan dengan lembaga-lembaga lain, di SKPD agar bisa menjadi terhubung untuk bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Aceh Selatan , dengan melihat kemampuan dari komisioner dari sekretariat yang juga harus profesional terhadap hal ini.

Masih dalam keterangan Haikal, kita harus bisa menunjukkan kalau kita punya sumber daya manusia yang mungkin ke depan akan beriringan dengan hal penguatan penguatan kota, dan akan sampai juga ke Desa, sehingga ke depan mungkin akan kita lihat banyak situasi kita akan peroleh penguatan komunitas kesejahteraan berbasis Desa.

"Jadi masyarakat di Aceh Selatan ini tidak perlu jauh-jauh mencari saya hanya untuk keperluan keperluan yang bisa di handle di desa itu sendiri, tidak perlu lagi harus ke provinsi, Bagaimana pola pikir ini yang harus sama kita punya agar kita bisa memberikan kesejahteraan itu, ibaratnya bagi orang-orang yang baik ya di depan pintu rumah ada ketika dia buka, di dalam masjid di kampung sudah ada, bagaimana caranya sudah dihadirkan di BMK itu yang pertama, artinya sebagai institusi ya," imbuhnya.


Yang kedua, katanya lagi, kita juga terus mengupayakan bantuan terhadap banjir bandang yang menimpa Gampong Ladang Rimba Kecamatan Trumon Tengah, ini kan banjir bandang bukan hanya genangan air tapi banjir yang memporak porandakan infrastruktur sehingga akan terjadi identitas peristiwa lain yang mungkin yang harus diberi perhatian.

"Di akhir tahun ini juga Insyaallah ada bantuan rumah, Baitul Mal hadir juga dalam bentuk Bantuan Bantuan lainnya, disini juga kita sudah memerlukan konsolidasi dengan BMK untuk pendataan segala macam yang akan menjadi program kita ke depan, ada porsi-porsi pemberdayaan ekonomi rakyat, dari produksi -produksi juga ada beberapa program latihan ke depan, selain itu masalah bantuan langsung tunai, juga ada program-program yang kita memberikan monitoring bisa beli dan pendampingan terhadap program-program yang berbasis pemberdayaan jadi Harapan Kita kedepan bisa berjalan seperti ini, kita tidak semata-mata ceritanya sampai kepada orang miskin saja, tapi bagaimana ini adalah lembaga yang mendorong kemakmuran dan bisa berkembang," ungkapnya.

Yang ketiga yang paling penting, adalah ini kan kelembaga publik basisnya adalah kepercayaan publik jadi pemenuhan kita pada prinsip-prinsip kerangka pekerjaan yang dilakukan dengan penuh transparan credible ini sangat menjadi penting, menjadi tulang punggung dari berbagai keberhasilan dari Baitul Mal, ini juga ada partisipasi publik di dalamnya contohnya apa yang harus di bantu, zakat banyak nih karena zakat juga merupakan partisipasi publik, tidak bisa berdiri kalau tidak ada kehadiran masyarakat.

"Agar masyarakat itu tau kalau Baitulmal itu ada, teman-teman Insan pers salah satunya menjadi penghubung kepada masyarakat, karena ada nilai-nilai dari Baitulmal yang akan kita lakukan, pendekatan pada masyarakat, kalau itu tidak diketahui orang lain, tentu sulit orang lain percaya, maka salah satunya juga bisa bicarakan bagaimana cara dalam keadaan Seperti ini insan pers hadir di dalam pemberitaan, Kenapa harus diberitakan supaya kita melihat Ini masalah bersama Aceh Selatan," Tutupnya.


Sementara Pj Bupati Aceh Selatan Cut. Syazalisma, atas nama pemerintah sangat berterima kasih kepada Baitulmal Aceh, yang sudah datang dan peduli dengan Musibah Banjir bandang, yang menimpa Gampong Ladang Rimba Kecamatan Trumon Tengah.

"Dalam musibah itu, infrastruktur rusak, sekolah hancur, hampir 80% rumah warga Rusak, dengan hadirnya Bantuan dari Baitul Mal Aceh, sedikit tidak nya bisa meringankan beban masyarakat," ucapnya. (Tini)