HUT Polairud ke-73, Polres Kendal Bagikan Sembako dan Tanam Pohon di Pantai Ngebum

Barsela24news.com

Kendal, Jateng - Dalam rangka memperingati HUT Polairud ke-73, jajaran Polres Kendal menggelar aksi bersih-bersih pantai dan penanaman pohon di Pantai Ngebum Mororejo Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/11/2023).

Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai bagian dari program "Mageri Segoro" Polda Jawa Tengah.

Selain aksi bersih-bersih pantai dan penanaman pohon, juga dilaksanakan pembagian sembako berupa beras dan lain-lain kepada warga kurang mampu sekitar pantai Ngebum.


“Penanaman pohon ini sangat strategis untuk menjaga kelestarian lingkugan. Jajaran Polda Jawa Tengah sendiri sudah melaksanakan penanaman pohon serentak di wilayah Jawa Tengah dengan total 35.000 pohon. Ini upaya bersama mageri segoro dalam rangka memperbaiki ekosistem pesisir dan penanggulangan abrasi di pesisir Kendal,” terang Kapolres.

Diinformasikan bahwa kawasan pesisir Kabupaten Kendal sendiri terbentang sepanjang lebih dari 42 kilometer. Kondisinya hampir sebagian besar rusak akibat abrasi baik dari gelombang laut atau dari kikisan air hujan yang terbawa aliran sungai dan bermuara di laut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal Aris Irwanto usai melakukan penanaman pohon bersama Forkompinda mengatakan, revitalisasi dipesisir harus terus diupayakan.

“Kalau jumlah kerusakan masih kita lakukan pendataan karena abrasi tidak hanya akibat dari gelombang laut saja. Tetapi bisa dari air yang berbawa aliran sungai dan mengikis wilayah muara sungai,” ujarnya.

Aksi penanaman pohon tersebut diikuti oleh jajaran TNI dari Kodim 0715, BPBD Kendal dan TNI Angkatan Laut. 

(Basuki)