Ini Tanggapan Kepala Desa Seteluk Tengah Sumbawa Barat Dalam mengikuti Lomba Perpustakaan Di Desa Seteluk Tengah

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Dalam upaya meningkatkan pelayanan perpustakaan desa dan sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Pemdes Seteluk Tengah mengikuti Lomba Perpustakaan Desa Tahun 2023. Lomba ini bertujuan untuk mendukung masyarakat dalam mencapai Indonesia Maju melalui peran perpustakaan Desa, Jum'at (10/11/2023).

Lomba perpus pelangi Desa Seteluk tengah ini juga di hadiri oleh beberapa pihak atau instansi terkait seperti, kepala desa Seteluk Tengah, kepala perpustakaan pelangi Seteluk Tengah, Badan Permusyarawatan Desa (BPD), karang taruna Tunas gemilang, Jajaran perangkat Desa, AGR, serta Tim penilai dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam kesempatanya, Kepala Desa Seteluk Tengah Jaya Putra menyampaikan, lomba perpusdes ini menjadi sebuah indikasi keberhasilan perpusdes dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Keberhasilan program ini ditunjukkan melalui kesinambungan program perpusdes yang difasilitasi melalui dana desa serta adanya dampak positif yang diterima masyarakat yang memanfaatkan perpusdesnya,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Seteluk Tengah melakukan terobosan penting dalam berbagai bidang. Salah satunya mencetak SDM unggul melalui Perpustakaan Desa Seteluk Tengah yang terintegrasi, bersinergi, dan berkeadaban. Sehingga terciptanya Perpustakaan dari Desa untuk Bangsa.

Dalam kesempatan yang sama juga Kepala Perpusdes Seteluk Tengah Tikawati mengatakan, saat ini perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Perpusdes berperan menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat, melalui penyediaan akses informasi yang dibutuhkan serta sesuai potensi desa. Baik berupa penyediaan informasi dari buku, internet maupun peningkatan softskill,” katanya.

Dia pun berharap Perpustakaan Desa Seteluk Tengah dapat meningkatkan nilai perolehan, sehingga bisa mengharumkan nama Desa Seteluk Tengah, Baik dalam tingkat kabupaten, provinsi bahkan hingga ke tingkat Nasional nantinya.

“Semoga di masa yang akan datang akan hadir perpustakaan-perpustakaan desa yang lain di Sumbawa barat ini, guna untuk meningkatan kecerdasan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat di desa dari ketersediaan perpustakaan desa,” tutupnya.

(Danang Mario)