DPMD SUKSES GELAR JAMBORE AGR TAHUN 2023

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR), merupakan aksi daerah dalam mewujudkan agenda nawacita dan trisakti yang di sinergikan sebagai gerakan kerja aparatur dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat, dengan bersama-sama mengaktualisasikannya secara ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh.

Kegiatan jambore gotong royong ini di laksanakan pada tanggal 17 sampai 18 November 2023, dengan Tema "pelaksanaan nilai gotong royong sebagai inklus sosial untuk Sumbawa barat yang sejahtera" yang bertempat di kawasan memutar telu center Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, dan turut di hadiri juga oleh Wakil Bupati Sumbawa barat, forkopimda, Plh Sekda, asisten daerah, Kadis DPMDes Sumbawa Barat, Sekdis DPMDes Sumbawa Barat, dan semua Kepala OPD Serta Kabid dan pejabat Fungsional lingkup DPMD dan 700 AGR.

Dalam kesempatan nya Kadis DPMDes Sumbawa Barat Drs. Tajuddin M.Si mengatakan penyiapan dan peningkatan sumber daya manusia agen gotong royong dalam pelaksanaan pembantuan tugas dan fungsi pemerintah daerah sangat di perlukan dan di laksanakan secara berkelanjutan untuk membentuk agen gotong royong yang siap dan handal dalam pelaksanaan.

"Tugasnya sebagai agen pelayanan, agen pemberdayaan, dan agen pembangunan di wilayah kerja masing-masing dengan tetap mengedepankan keikhlasan, kejujuran dan bersungguh-sungguh dalam bekerja" pungkasnya

Adapun tujuan dari kegiatan jambore gotong royong ini sebagai bentuk internalisasi nilai-nilai gotong royong terhadap aktor pemberdaya/agen gotong royong, terpupuknya semanggat kebersamaan tim penyelenggara program pemberdayaan gotong royong, dan meningkatnya kapasitas sosial agen gotong royong sebagai modal pelaksanaan peran di berbagai bidang pelayanan pemberdayaan dan pembangunan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan peran aktif agen gotong royong yang menuju pada penguatan integritas sosial dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan dengan mengusung semanggat ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh.

Lanjut Drs. Tajuddin M.Si jambore agen gotong royong ini di laksanakan dalam bentuk orasi kemanusian, kegiatan olahraga seperti pertandingan volly ball, tarik tambang, sepak bola mini serta kelompancapir / cerdas cermat, dan keanggotaan juri perlombaan berasal dari wasit / juri yang sudah memiliki sertifikat wasit dan untuk juri cerdas cermat beranggotakan ketua TP PKK Sumbawa Barat, staf khusus Bupati Sumbawa Barat dan Akademis.

Adapun peserta jambore agen gotong royong program daerah pemberdayaan gotong royong tahun 2023 adalah sebanyak 700 orang yang terdiri dari kecamatan Poto tano, kecamatan Seteluk, kecamatan brang rea, kecamatan Taliwang, kecamatan brang ene, kecamatan jereweh, kecamatan maluk dan kecamatan sekongkang.

Agen gotong royong yang merupakan salah satu instrument daerah pemerintah kabupaten Sumbawa barat melalui pelaksanaan program-program kerakyatan yang di laksanakan dengan nilai gotong royong dan partisipasi masyarakat seluas-luasnya guna pemenuhan hak-hak dasar masyarakat. Tutupnya

(Danang Mario)