Kontingen Aceh Selatan Tampilkan Tarian Putro Pala Meriahkan Pawai Adat PKA ke-8

Barsela24news.com


Aceh Selatan - Tarian Putro Pala dari Kontingen Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Aceh Selatan tampil memukau pengunjung pada pawai budaya dengan menampilkan atraksi tarian putro pala, yang memaknai produk unggulan Aceh Selatan yaitu pala, cengkeh, nilam, kopi.

Pawai budaya, dalam rangka menyemarakkan PKA dilepas dari Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, dan langsung menuju ke panggung utama di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, peserta pawai berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh berjalan mengitari sejumlah ruas jalan protokol di Banda Aceh. Minggu (05/11/2023).


Dalam even pawai budaya Aceh ke-8 ini, nampak Pj. Bupati Cut. Syazalisma, S. STP. beserta Istri, berdiri di Atas Panggung Kehormatan, sambil tersenyum manis dengan sesekali melambaikan tangan sebagai bentuk memberikan Dukungan penuh kepada kontingen Aceh Selatan yang menampilkan sebuah atraksi tarian Putro Pala yang menjadi pusat perhatian penonton, serta Pj. Gubernur dan forkopimda Aceh. 

Masing-masing daerah dari semua kabupaten/kota se-Aceh, dalam karnaval ini menyuguhkan ragam adat dan budaya menjadi salah satu pemandangan menarik khususnya bagi warga Banda Aceh, dalam pawai tesebut masing-masing Kabupaten/kota di berikan waktu selama tiga menit untuk menampilkan aksi dari masing-masing Daerah dan langsung di nilai oleh dewan juri yang memang sudah stambai di lokasi. 


Perhelatan Pekan Kebudayaan (PKA) ke-8 Aceh dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI) yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Kemajuan dan Prestasi Olahraga, sabtu malam minggu di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Terlihat dalam rombongan Kontingen Aceh Selatan di pimpin langsung oleh Plt Sekda Aceh Selatan Ilham Sahputra, S.SSTP serta mengikutkan serta seluruh Kepala SKPK, Camat beserta Istri dalam ruang lingkup Pemkab Aceh Selatan. (Tini)