Pemdes Matahiyang Sumbawa Barat, Salurkan BLT Dana Desa

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Pemdes Matahiyang Kabupaten Sumbawa Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Kepada masyarakat Desa Matahiyang Kecamatan Brang Ene Sumbawa Barat, yang bertempat di Aula Desa Matahiyang, Kamis, (21/09/2023).

Penyaluran bantuan tunai tersebut turut dihadiri kepala Desa Matahiyang, Pendamping Lokal Desa, BPD Desa Matahiyang, Bhabinkamtibmas dan jajaran perangkat Desa Matahiyang.

Kepala Desa Matahiyang Khairul, menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai yang dibagikan sebesar Rp. 300.000 per keluarga untuk tiap bulan dan disalurkan tiap triwulan sejumlah Rp. 900.000 kepada 41 keluarga penerima manfaat (PKM), untuk pembayaran tahap ke satu dari bulan Januari hingga bulan Maret 2023 telah di laksanakan pada tanggal 18 April 2023, dan penyaluran tahap ke dua untuk bulan April hingga bulan Juni 2023 telah di salurkan tanggal 23 Juni 2023, serta penyaluran untuk tahap ke tiga untuk bulan Juli hingga bulan September 2023, telah di salurkan pada tanggal 21 September 2023 dengan menggunakan anggaran Desa tahun 2023.


Dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan Dana Desa yang dilakukan secara online. Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut. Lanjut Kades Khairul.

"Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat, kami harapkan kepada seluruh masyarakat yang telah menerima bantuan tersebut agar digunakan secara bijak dan seperlunya," tutupnya

(Danang Mario)