Penampilan Sanggar Rapai Rincong Meubisa, Ribuan Penonton Memadati Panggung Utama PKA ke 8

Barsela24news.com


Banda Aceh - Sanggar Rapai Rincong Meubisa tampil meriahkan panggong utama di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh Jumat malam, (10/11/2023).

Dalam penampilan tersebut, ribuan penonton memadati panggung utama PKA untuk melihat bermacam ragam kesenian Aceh, salah satunya penampilan Rapai Geleng dari sanggar Rincong Meubisa yang bernaung di Banda Aceh dan berasal dari Aceh Barat Daya. 


Sembari menempuh jenjang pendidikan perkuliahan, Sanggar Rapai Rincong Meubisa adalah pentas seni bagi putra-putri terbaik Abdya dalam mengembangkan kreatifitas seni di Banda Aceh," kata Ronal Zia Ulhaq selaku ketua Sanggar Rincong Meubisa usai tampil di panggung utama PKA. 

"Alhamdulilah malam ini, kami bisa menampilkan kreatifitas seni budaya Rapai yang turun-temurun berasal dari Manggeng Abdya di pentas bergengsi ajang PKA di Banda Aceh" ucapnya. 


Ronal juga mengucapkan terimkasih kepada panitia pelaksana PKA ke 8 yang sudah mempercayakan kami untuk menampilkan karya seni Rapai geleng. Dan juga kepada penasehat serta senior-senior yang sudah menggembleng kami dalam kesenian sehingga kami bisa tampil di ajang bergengsi even Pekan Kebudayaan Aceh ini. 

Adapun Pelaksanaan PKA digelar empat tahun sekali dengan melibatkan 23 Kabupaten-kota se Aceh. dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan, sejarah, dan adat istiadat Aceh.


PKA-8 digelar selama sembilan hari, mulai 4-12 November 2023 dan diikuti 23 kabupaten/kota se-Aceh. Kegiatan itu juga dimeriahkan 4.829 seniman dan budayawan yang terlibat, 117 peserta pameran, 23 BUMDes, 23 SMK, 72 pengrajin dan pedagang produk tradisional Aceh, serta 1.109 tenaga kreatif. (Red)