Pengenalan Teknologi Tepat Guna Untuk Pertanian/Peternakan Tahun Anggaran 2023 Desa Matahiyang Sumbawa Barat

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Pertanian adalah kegiatan mengelola sumber daya alam dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian yang mencangkup sub sektor pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan dalam suatu argo ekosistem.

Pemerintah Desa Matahiyang Sumbawa Barat Kembali menggelar kegiatan Pelatihan Kelompok Tani Desa Matahiyang yang berlangsung di Aula kantor desa Matahiyang pada Kamis, (23/112023).

Kegiatan Pelatihan Kelompok Tani ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Matahiyang, sekretaris desa Matahiyang, bendahara Desa matahiyang, Bhabinkamtibmas, ketua kelompok tani desa matahiyang, pengurus kelompok tani desa matahiyang dan jajaran anggota kelompok tani serta perangkat Desa Matahiyang Sumbawa Barat.

Dalam sambutan pembukaan nya kepala desa Matahiyang Khairul mengatakan, Petani sebagai andalan dalam pembangunan pertanian, di tuntut harus memiliki kemampuan serta pengetahuan keterampilan dan sikap yang baik menuju petani milineal.

Pemerintah Desa Matahiyang akan terus mendorong dan memfasilitasi para petani yang ada di desa Matahiyang ini, guna meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meminimalkan persentase kemiskinan melalui peningkatan kemampuan petani. Maka dari itu di adakanlah bimbingan teknis (bimtek) peningkatan serta pelatihan kelompok tani desa matahiyang Sumbawa barat ini. Ungkapnya.

Lanjut khairul, menurut praktis upaya optimalisasi pendapatan dari hulu ke hilir para petani di tengah kebutuhan pangan semakin meningkat, lahan pertanian semakin berkurang, maka dari itu petani harus bisa merubah mainset dari petani yang biasanya bercocok tanam menjadi petani milineal yang mampu mengolah hasil pertaniannya ke produk olahan yang bisa di pasarkan melalui media dan UMKM. Tutupnya.

(Ca'ab)
Tags