Pengunjung Sangat Antusias Menyaksikan Tarian Landok Sampot di Panggung Utama Arena PKA Aceh

Barsela24news.com
Ribuan pengunjung saat menyaksikan Tarian Landok yang di persembahkan oleh Sanggar Seni Cahyo Keluet (Foto : dok, Hartini)
Aceh Selatan - Ribuan Pengunjung Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) sangat Antusias menyaksikan Tarian Landok yang di persembahkan oleh Sanggar Seni Cahyo Keluet, Kecamatan Keluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Tarian Landok Sampot tersebut, merupakan bagian dari Sejarah masyarakat kluet, karena tarian Landok Sampot tersebut, ada sejak masa Kerajaan Kejerun Kluet, berkuasa di wilayah Kluet Raya.

Tujuan awal lahirnya Tarian Landok Sampot tersebut, sebagai ajang masyarakat kluet melatih keterampilan Berperang, hal itu di sampai kan lansung oleh Ketua sangar Cahyo Keluat, Khairul Anuar, kepada Media Barsela24news.com. Minggu (05/11/2023).


"Tarian Landok Sampot tersebut, mulai berkembang tahun 1873, sampai sekarang sudah menjadi Icon, seni kebudayaan bagi Kabupaten Aceh Selatan, hal ini terbukti dengan di tampilkan nya di berbagai Event event besar, seperti PKA, Api Pon, Expo dan lain-lain," ungkapnya.

Ketua sangar seni Cahyo Keluat, berharap tarian Landok Sampot tidak hanya tampil di Aceh, melainkan bisa tampil secara nasional, seperti di Dewan Kesenian Jakarta ( DKJ) dan kegiatan kegiatan kebudayaan secara Nasional.

"Tarian Landok Sampot itu, di iringgi dengan musik Tradisional seperti, Suling, Gendang, Canang dan Gung, yang di mainkan oleh enam ( 6 ) orang pemusik," Pungkasnya. (Tini).