Peringati Hari Pahlawan, FPPI Jateng dan Baznas Salurkan Bantuan Sembako kepada Perempuan Nelayan

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2023, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan 110 paket sembako kepada perempuan nelayan Tambak Lorok.

Penyerahan bantuan sembako secara simbolis dilakukan oleh Ketua DPD FPPI Provinsi Jateng Rugayawati dan Wakil Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Kyai Haji Rozihan di Rumah Apung, Kampung Tambak Lorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2023).

Ketua DPD FPPI Provinsi Jateng Rugayawati mengatakan, kegiatan bakti sosial pembagian sembako ini dalam rangka perayaan Hari Pahlawan. Menurutnya, sesungguhnya pahlawan-pahlawan di era sekarang bukan yang memikul senjata tetapi para nelayan yang berjuang dengan jiwa dan raga berusaha mencari dan menangkap ikan di laut yang penuh resiko untuk memberikan kecukupan kebutuhan bahan makanan laut kepada keluarga kita dan seluruh masyarakat.


Dia menyampaikan, bulan-bulan ini adalah bulan paceklik pencari ikan. Banyak nelayan yang tidak mendapatkan ikan sesuai harapan karena pengaruh iklim.

"Itulah kenapa momentum Hari Pahlawan kami manfaatkan untuk menghargai jasa para nelayan yang berjuang mendapatkan sumber makanan berprotein tinggi," paparnya

Lebih lanjut Rugayawati menyampaikan, mereka (para nelayan) adalah pahlawan di bidang ketahanan pangan keluarga menuju ketahanan bangsa.

"Mereka juga pahlawan-pahlawan kita dibidang ketahanan pangan keluarga sehat Indonesia," katanya

Ia juga berharap dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat untuk meringankan kebutuhan pokok para nelayan dimasa paceklik ikan yang tidak memperoleh penghasilan.

Pada kesempatan itu, Bu Gaya sapaan akrab Rugayawati, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pengurus dan anggota DPD FPPI Jateng yang hadir dan ikut mensukseskan kegiatan tersebut, mulai pagi hingga siang.

"Alhamdulillah acara ini sukses membuat para perempuan nelayan bergembira. Disaat bulan-bulan para nelayan paceklik, mereka mendapatkan bantuan sembako dari FPPI Jateng yang bersinergi dengan Baznas Provinsi Jateng," ucap Bu Gaya

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Kyai Haji Rozihan dalam sambutannya menyampaikan syarat-syarat yang berhak mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat.

"Karena dana yang masuk di Baznas adalah zakat dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Provinsi Jawa Tengah maka agar penyalurannya lebih merata dan berkah, diantaranya dibantu oleh FPPI Jateng yang dipimpin oleh Bu Gaya," tuturnya

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Baznas Provinsi Jateng KH Rozihan mewakili Ketua, Kepala Dinas Sosial Provinsi di Jateng, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Jateng diwakili Hayatun Nufus, S.Sos, MSi, Kepala Dinas Sosial diwakili Plt. Sekdinsos, Moh Sigit, MSi bersama jajarannya, beberapa aparat setempat dan pengurus DPD FPPI Provinsi Jateng serta perwakilan perempuan nelayan penerima bantuan sembako sebanyak 17 orang. 

(Marhen)