Peringati Hari Pahlawan, Kapolres Aceh Selatan Jadi Irup Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Barsela24news.com


Aceh Selatan - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, memimpin Upacara Ziarah makam dan tabur bunga di makam Pahlawan T. Cut Ali Desa Suaq Bakung Kecamatan Kluet Selatan. Jumat (10/11/2023).

Kegiatan upacara Hari Pahlawan ini dihadiri oleh Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, yang diwakili oleh Asisten III, H.Halimuddin, S.Sos.,MM, Dandim 0107/Asel diwakili oleh Pasiter Kapten Inf Junaidi, dan unsur Forkopimda, serta undangan lainnya dengan peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Bhayangkari, ASN dan sejumlah Tokoh Masyarakat.


Dalam rangkaian pelaksanaan Upacara dilakukan penghormatan kepada para arwah pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan amanat Menteri Sosial RI dan doa bersama bagi arwah pahlawan.

Kemudian setelah Upacara selesai Kapolres yang diikuti oleh Forkopimda melakukan tabur Bunga di Makam T. Cut Ali sebagai tanda penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan Bangsa dan sebagai simbul komitmen dalam melanjutkan perjuangan Para Pahlawan. Pada kesempatan itu juga Kapolres beserta Forkopimda menyerahkan bingkisan kepada 6 (enam) orang Veteran.


Isi amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Kapolres diantaranya Dengan tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan" Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman modern yang kian nyata.Mengingat negara kita begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia bagi Kejayaan Bangsa dan Negara.
Dengan berbekal semangat seperti yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945 mari kita taklukkan ancaman tersebut walaupun tidak mudah tapi pasti Bisa.

Disamping itu Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita harus menghargai dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah berkorban untuk Bangsa dan Negara," Kata Kapolres.

Selanjutnya acara dilanjutkan ziarah dan tabur bunga ke Makam Raja Lelo di Desa Sapik Kecamatan Kluet Timur Aceh Selatan. (Tini)