Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan Adakan Bimtek Demi meningkatkan Pengelolaan Ziwah

Barsela24news.com

ACEH SELATAN - Sekretariat baitul mal Aceh selatan mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) guna meningkatkan pengelolaan Zakat, Infaq, Waqaf dan Harta Keagamaan Lainnya (Ziwah) di aula pariwisata, Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, kabupaten setempat, 28 November 2023.

Giat ini turut di hadiri Inspektorat, kepala Bappeda, kepala Bpkd, dewan pengawas baitul mal, badan baitul mal, tenaga penyuluh agama, sekretariat baitulmal Aceh Selatan dan tenaga profesional.

Penjabat Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., saat pembukaan mengatakan zakat merupakan salahsatu potensi besar dalam mensejahterakan ummat, oleh karena itu zakat perlu dikelola dengan baik. 

"Oleh sebab itu, kata Pj, pemerintah Aceh Selatan dengan sifat kekhususan dan keistimewaan telah mengambil peran dalam pengelolaan zakat dengan membentuk lembaga baitul mal, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten," ujar dia. 

Ketua Panitia Guzmawi Mustafa, SE yang juga Kepsek BMK Aceh Selatan menyampaikan, kegiatan ini merujuk pada dasar Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal, sebagaimana telah diubah dengan Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2021 tentang perubahan atas Qanun Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal Berkenaan Pengelolaan Zakat.

“Bimtek ini dilakukan sebagai penguatan untuk pengelolaan kelembagaan Baitul Mal yang baik, sehingga mampu menggarap potensi Zakat secara maksimal, tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik dalam mengentaskan kemiskinan di Aceh Selatan,” pungkasnya. 

Selain itu, kata dia, kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak Senin s/d Selasa 27-28 November 2023 yang melibatkan 46 peserta. (Tini)