Sinergitas TNI, Polri Dan Dinas BKPH Batulanteh Laksanakan Patroli Berantas Ilegal Logging

Barsela24news.com


Sumbawa, NTB - Koramil 1607-08/Moyo Hulu dan Polsek Moyo Hulu bersama Dinas Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Batulanteh laksanakan patroli gabungan pengamanan hutan berlokasi di Resort Semamung - Sempe RTK 57 Hutan Buin Soway Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

Hal ini disampaikan oleh Pjs Pasi Intel Kodim 1607/Sumbawa Kapten Inf Ichsan Manshuri kepada Pendim Sumbawa, Selasa(21/11/2023)

Pjs Pasi Intel menjelaskan Kegiatan patroli ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil patroli rutin pengamanan hutan yang dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 November 2023 lalu di wilayah kerja RPH Semamung Sempe tepatnya kawasan hutan Buin Soway RTK 57 lokasi Ai Mung/Kokar Tengah dan sekitarnya dimana dijumpai adanya aktifitas illegal logging disekitar Sumber Air baku masyarakat Desa Semamung.

Lebih lanjut Pjs Pasi Intel menyampaikan sebelumnya tim melakukan upaya operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum pelaku yang diduga sekitar 5 orang, namun para pelaku berhasil melarikan diri, dalam temuan tersebut diamankan 1 unit chainsaw beserta peralatan lainnya serta bahan bakar. Sehingga perlunya tindak lanjut dengan melaksanakan patroli gabungan bersama unsur TNI dan Polri dalam upaya evakuasi barang bukti berupa kayu olahan yang tidak dapat dilakukan sebelumnya.

Menurut keterangannya, tim patroli gabungan menemukan barang bukti kayu berupa Tonggak sebanyak 12 buah dan Kayu Olahan 15 batang berupa rimba campuran siap angkut serta berada di sepanjang jaringan pipa air baku untuk masyarakat Desa Semamung.

"Karena medan yang cukup berat karena sempat turun hujan pada hari sebelumnya, sehingga kendaraan truk tidak memungkinkan untuk masuk dan hilux double gardanpun tidak dapat mencapai keseluruhan lokasi, kemudian dilakukan pemusnahan barang temuan dan membawa kayu yang dapat dijangkau oleh hilux untuk diamankan di Kantor Balai KPH Batulanteh, untuk proses lebih lanjut akan menjadi tanggung jawab Kantor Balai KPH Batulanteh". Terangnya
 
"Ini merupakan upaya serta komitmen bahwa Kodim 1607/Sumbawa akan selalu siap membantu Dinas Balai KPH dalam memberantas kasus ilegal logging yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumbawa, sehingga hutan di Sumbawa ini dapat terjaga keasriannya". Pungkas Pjs Pasi Intel

(BSL/Pendim1607)