Apel Siaga Bencana Menghadapi Kondisi Penghujan Sejumlah Aparat TNI-Polri Dan Instansi Se- Kabupaten Sumbawa Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Barsela24news.com

Sumbawa, NTB - Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan,S.E.,M.Han menghadiri apel siaga bencana gelar pasukan dan peralatan penanggulangan bencana Kabupaten Sumbawa tahun 2023 yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Sumbawa Jln. Garuda No.01 Uma Sima Sumbawa Besar, Selasa (05/12/2023)

Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kondisi penghujan di Kabupaten Sumbawa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI, Polri, dan relawan Bencana Alam Kabupaten Sumbawa menggelar Apel Siaga Bencana. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memastikan kesiapsiagaan personil gabungan.

Apel Siaga Bencana ini menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi. Sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, terutama di wilayah yang rentan, menjadi fokus untuk meminimalkan dampak bencana alam di Kabupaten Sumbawa.

Dalam situasi ini, kolaborasi antara BPBD, TNI, Polri, dan relawan menjadi kunci dalam menciptakan sinergi efektif dalam upaya penanggulangan bencana alam. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat di tengah kondisi cuaca yang potensial menimbulkan bencana.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana. Kesiapsiagaan dan kesadaran akan risiko bencana merupakan langkah awal yang krusial dalam menjaga keselamatan bersama.

Mari bersatu dan bersiap siaga menghadapi potensi bencana alam. Kesiapsiagaan kita adalah kunci untuk melindungi kehidupan dan harta benda. Tetap waspada, siaga, dan bahu-membahu menjaga keamanan wilayah demi menghindari terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah, longsor, kebakaran maupun bencana lainnya.

Dalam hal ini, saat ditemui pendim seusai kegiatan Apel,Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan S.E.,M.Han mengatakan Apel Siaga Bencana ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh Komponen Pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman kebencanaan hidrometeorologi.

”Yang akan kami laksanakan dalam hal ini Kodim 1607/Sumbawa sekarang ini yaitu memberikan himbauan kepada masyarakat melalui Babinsa di seluruh Desa di kabupaten Sumbawa, untuk selalu waspada dan siaga terhadap peningkatan curah hujan serta memonitoring wilayah sehingga apabila terjadi bencana kami akan langsung terjun ke titik wilayah bencana” Tandas Dandim"

(BSL/Pendim1607)
Tags