BSSN Serahkan Sertifikat Akreditasi Pelatihan Keamanan Siber dan Sandi kepada Polri

Barsela24news.com

Depok, Jawa Bara,- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terus berkomitmen untuk membangun kapasitas, kapabilitas, dan kualitas penanganan keamanan siber dan sandi di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan perhatian khusus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

BSSN telah melakukan penataan organisasi dan pemutakhiran kurikulum pada Pusat Pengembangan SDM BSSN. Selain itu, BSSN juga mendorong lembaga-lembaga di luar BSSN untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang keamanan siber dan sandi.

Polri merupakan salah satu institusi yang aktif berkolaborasi dengan BSSN untuk mencapai pemenuhan SDM keamanan siber dan sandi di Indonesia. Hal ini terbukti dengan terpenuhinya persyaratan pada Pusdik Intelijen Lemdiklat Polri untuk melaksanakan Pelatihan Siber dan Sandi /Dikbangspes Bintara Ahli Sandi Tk I.

Secara resmi Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. menyerahkan sertifikat akreditasi kepada Kepala Pusat Pendidikan (Kapusdik) Intelijen Polri Kombes Pol. Guntur Agung Supono, S.I.K., M.S.I di Aula dr. Roebiono Kertopati Kantor BSSN Sawangan, Depok, Jawa Barat pada Selasa (12/12/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Kepala BSSN menyampaikan sinergitas BSSN dan TNI/POLRI ditingkatkan untuk keamanan siber dan sandi yang unggul.

“Bahwa sinergitas BSSN dan TNI/POLRI harus ditingkatkan, terutama dalam membangun sumber daya manusia (SDM) keamanan siber dan sandi yang unggul.”, ujar Putu Jayan.

Berdasarkan hasil penilaian reakreditasi dan sertifikasi, Pelatihan Siber dan Sandi/Dikbangspes Bintara Ahli Sandi Tk I pada Pusdik Intelijen Lemdiklat Polri memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 89,06 dengan kategori kelayakan “B”.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi BSSN Irjen Pol. Dono Indarto, S.I.K., M.H., Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN Slamet Aji Pamungkas, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia BSSN Brigjen TNI Rory Ojak Halomoan Sitorus, Kabid Penjaminan Mutu dan Akreditasi LAN Meita Ahadiyati Kartikaningsih, Kepala Dinas Sandi BAIS TNI Brigjen TNI Suparjo serta sejumlah Pejabat BSSN, TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

(Tim/HP)