Dandim 1607/ Sumbawa Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang TNI Ke 78

Barsela24news.com

Sumbawa, NTB - Dandim 1607/Sumbawa memimpin Upacara Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke 78 tahun 2023, dengan mengusung tema TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam

Kegitan Upacara tersebut di Gelar di Lapangan Upacara Kodim 1607/sumbawa jln. Yos Sudarso Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa. Jum'at ( 15/12/2023)

Dalam kesempatan tersebut Dandim membacakan Amanat KASAD menyampaikan Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi saya mengucapkan "Selamat Hari Juang TNI AD ke 78 Tahun 2023" kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan dianugerahi yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini. Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Dalam rangka peringatan Hari juang TNI AD ke 78 tahun 2023 ini, mengusung tema: "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI", yang mengandung makna bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam.

Kemanunggalan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial. Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks.

Selain itu, Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama, termasuk TNI AD. TNI AD memiliki kemampuan dan potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pelestarian alam. Kita dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan. Untuk itu, dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Untuk itu, "Mari kita bersama-sama mewujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI".

"Amanat kali ini, KASAD juga menyampaikan terkait pemilihan yang berlangsung karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah".

(BSL/Pendim1607)
Tags