Desa Ngampel Wetan Kendal Ditetapkan Sebagai Desa Antikorupsi

Barsela24news.com

Kendal - Desa Ngampel Wetan, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal menjadi salah satu dari 29 desa di Provinsi Jawa Tengah, yang ditetapkan sebagai Desa Antikorupsi Tahun 2023.

Penetapan dikeluarkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 414.12/118 tanggal 5 Desember 2023 tentang Penetapan Desa Antikorupsi Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023, yang ditanda tangani Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Kepala Desa Ngampel Wetan, Abdul Malik menyampaikan terima kasih atas ditetapkannya Desa Ngampel Wetan sebagai Desa Antikorupsi.

“Awalnya ketika mengikuti take off desa anti korupsi itu sangat berat bagi kami. Karena administrasi dan lain-lain di desa kami belum seberapa tertib. Alhamdulillah dari dukungan dari aparatur pemerintah desa dan dukungan dari masyarakat yang luar biasa, Desa Ngampel Wetan ditetapkan sebagai satu-satunya desa di Kendal yang mendapat predikat Desa Antikorupsi oleh KPK,” ungkap Ketua Paguyuban Kades Bahurekso Kendal tersebut saat mengikuti kegiatan Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) 2023 di GOR Jatidiri, Semarang, Rabu (6/12/2023).

Malik berharap, ke depan Desa Ngampel Wetan lebih baik, lebih maju, dan berkembang. Untuk para perangkatnya lebih paham prosedur cara menjalankan roda pemerintahan.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kendal, yang telah memberikan pendampingan dalam menjalankan program pemerintahan, serta kepada masyarakat Desa Ngampel Wetan atas dukungan selama ini.

“Sehingga desa kami lebih bagus dalam menjalankan program pemerintah dan selalu berhati-hati menjalankan pemerintahan desa,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam rilis yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI disebutkan, KPK RI me-launching 51 desa percontohan antikorupsi.

Yaitu 22 desa antikorupsi yang dibentuk KPK, Kemendesa dan Kemendagri. Sementara 29 desa lainnya adalah replikasi yang dibentuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (Basuki)
Tags