Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif, Kodim 1607/Sumbawa Bersama Forkopimda Sumbawa Gelar Rapat Koordinasi

Barsela24news.com

Sumbawa Besar, NTB - Komandan Kodim 1607/Sumbawa hadiri kegiatan Rapat Penanggulangan tim terpadu penanganan konflik sosial di Kabupaten Sumbawa yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa bertempat di Ruang Rupatama H Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa Jln Garuda no 1 Kel Uma Sima Kabupaten Sumbawa, Jumat(8/12/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan guna membahas sejumlah potensi konflik rawan sosial dan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumbawa dan menentukan langkah tepat dalam mengantisipasi terjadinya permasalahan yang lebih besar, diantaranya Antisipasi potensi banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Sumbawa yang saat ini sudah masuk musim penghujan.

Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota tim sekaligus menyerap informasi terkait perkembangan kamtibmas yang bisa mengarah kepada konflik sosial.

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan S.E.,M.Han. menyampaikan perlunya semua pihak dalam menyikapi hal ini agar situasi di wilayah kabupaten Sumbawa tetap kondusif.

Dalam hal ini Dandim menyikapi tentang masalah kelestarian hutan di Sumbawa, karena pembalakan hutan dan penggundulan bukit gunung yang dialih fungsikan menjadi lahan tanam sehingga Perlu langkah tegas dari Pemerintah untuk menanam kembali hutan dan bukit di wilayah kabupaten Sumbawa.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa Kodim 1607/Sumbawa beserta Koramil Jajaran terus berupaya menghimbau serta membantu masyarakat dalam menciptakan situasi lingkungan yang nyaman dan terhindar dari bencana alam, seperti mengajak Masyarakat melakukan kegiatan gotong royong dan penanaman pohon.

Dalam kegiatan ini Dandim juga mengajak Forkopimda Sumbawa untuk hadir dalam gerakan penanaman pohon yang akan dilaksanakan oleh Kodim 1607/Sumbawa dan jajaran Koramil bertempat di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir.

"Di harapkan dengan aktifnya Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Sumbawa ini bisa mendeteksi segala potensi konflik sosial yang mungkin terjadi di segala bidang melalui dinas instansi tempat anggota tim bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing". Tutup Dandim

(BSL/Pendim1607)