Masyarakat Gampong Cot Bayu, Memilih Bertahan di Rumah Dari pada Harus Mengungsi Keluar

Barsela24news.com

Aceh Selatan - Sebanyak 234 KK, terdiri dari 750 Jiwa, masyarakat Cot Bayu Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, lebih Memilih tetap tinggal di rumah masing-masing, diKarenakan di Gampong Cut Bayu tersebut masih adanya tempat dataran tinggi.

Hanya ada 17 KK, yang ikut mengungsi ke posko Gampong Jambo Papeun, Kecamatan Trumon Tengah. hal itu disampaikan langsung oleh Keuchik Cot Bayu Faisal, kepada wartawan Barsela24news.com, Sabtu (02/12/2023).

"Warga, enggan untuk di Evakuasi, karena selain adanya dataran tinggi, juga rata rata rumah masyarakat setempat memiliki lantai dua," ucapnya.

Menurut Faisal, selain itu masyarakat Cot Bayu lebih merasa nyaman tinggal di rumah nya masing masing, karena kalau mereka keluar ketempat pengungsian, mereka kawatir dengan Rumah mereka, takut kalau mereka tinggal kan bisa bisa harta benda mereka di bawak kabur maling.


Selain itu, Faisal berharap kepada Pemerintah Daerah Aceh Selatan, mengingat Gampong Cot Bayu ini merupakan langanan banjir tahunan, atas nama masyarakat, kami meminta agar bisa menyediakan bantuan Speedboat sekaligus dengan mesin yang lengkap, yang memang Stambai di gampong Cot Bayu.

"Selain Speedboat, masyarakat juga berharap, pemerintah bisa menormalisasi kan sungai Gelombang, dengan membuat Kanal (Sungai Kecil), serta bisa membuat MCK, dan kamar mandi yang memadai di Silter yang sudah ada di Gampong Cot Bayu, agar kalau terjadi banjir lagi masyarakat bisa di Evakuasi ketempat Silter tersebut," pintanya.

Sementara itu, Direktur YGHL Sarbunis, yang juga Merupakan Dewan Daerah Walhi Aceh, mengatakan. Cot Bayu merupakan salah satu Gampong yang terdampak Banjir Trumon Tengah, Akses untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat korban banjir sangat sulit di tempuh, karena minimnya Alat Transportasi Air, seperti Speedboat, dan Perahu Sampan.

"Sementara Gampong Cot Bayu itu, merupakan Gampong langanan Banjir yang terparah setiap tahunnya," ungkapnya.

Harapan sarbunis, Pemerintah Aceh Selatan bisa Secepatnya Menyelesaikan Pembangunan jembatan dan jalan menuju ke gampong Cot Bayu.

Hal itu disampaikan Sarbunis di Dampingi, Suhaimi Salihin Mantan Direktur YAPALA, bersama Wartawan saat menyerahkan bantuan logistik, langsung ke Gampong Cut. Bayu. (Tini)