Raih Gelar Profesor, Visi Baru Dr. Danial Untuk Kemajuan IAIN Lhokseumawe

Barsela24news.com

Lhokseumawe - Sebuah capaian luar biasa terukir dalam sejarah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, ketika Rektornya, Prof. Dr. Danial, M.Ag, meraih gelar Profesor dalam bidang Hukum Islam. Momen bersejarah ini diumumkan melalui Surat Undangan Penyerahan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor B-1150/DJ.IDt.I.III/HM.01.12/2023.

Prof. Dr. Danial, M.Ag, yang juga seorang dosen di Fakultas Syariah, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian ini. Dalam pernyataannya, dirinya berbagi harapannya,

"Alhamdulillah, ini adalah kehormatan luar biasa. Saya berharap ilmu yang saya miliki dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan, terutama dalam konteks Hukum Islam"ujarnya.

Dosen dan Mediator bersertifikat, Dr. Bukhari, S.HI.,M.H.,CM ikut menyampaikan selamat atas pencapaian bersejarah ini. Profesor, sebagai gelar tertinggi di dunia akademis, menandai peningkatan signifikan dalam pemahaman, penelitian, dan kontribusi pada disiplin ilmu tertentu. Prof. Dr. Danial, M.Ag, telah menunjukkan keunggulan akademisnya melalui dedikasi tak henti-hentinya terhadap pengembangan dan pemahaman lebih lanjut dalam bidang Hukum Islam.

" Keberhasilan Prof. Dr. Danial, M.Ag, mencapai posisi ini tidak terlepas dari karya ilmiah yang mendalam, penelitian yang berkontribusi, dan dedikasi terhadap pengembangan keilmuannya. Setiap lembaran tulisan, setiap pengembangan konsep, dan setiap penelitian yang dilakukan mencerminkan ketulusan dan kecerdasan beliau" tuturnya.

Sebagai sesama ilmuwan dan akademisi, lanjut Bukhari, kita mengakui bahwa perjalanan meraih gelar Profesor adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan dan komitmen.

"Prof. Dr. Danial, M.Ag, telah menunjukkan kepada kita semua bahwa keunggulan akademis tidak hanya tentang gelar, tetapi juga tentang dedikasi yang tak kenal lelah terhadap pengetahuan dan pembelajaran sepanjang hayat". Ungkapnya.

Bukhari lanjut memaparkan, Lebih dari sekadar meraih prestasi untuk dirinya sendiri, Prof. Dr. Danial, M.Ag, telah membawa dampak positif terhadap citra institusi.

"Saya menyampaikan rasa bangga, dan berdoa agar gelar Profesor yang diraih Prof. Dr. Danial, M.Ag, memberikan manfaat besar bagi kemajuan IAIN Lhokseumawe yang segera beralih status menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah" ungkapnya.

Dalam ungkapannya, Prof. Dr. Danial, M.Ag, merinci aspirasi fokusnya untuk mengangkat prestasi dan eksistensi IAIN ke tingkat yang lebih tinggi. Beberapa harapan dan keinginannya mencakup:
Peningkatan Kualitas Pendidikan: Prof. Dr. Danial, M.Ag, menitikberatkan perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan di IAIN.

Beliau berencana mengimplementasikan program-program inovatif seperti New Branding, Double Degree, Marketing, Digitalisasi, Distingsi, dan Jejaring untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik.

Penelitian dan Pengembangan: Keinginan Prof. Dr. Danial, M.Ag, adalah menjadikan IAIN sebagai pusat penelitian dan pengembangan yang berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang Hukum Islam.

Kerjasama Luar Negeri : Dalam mendukung visi global IAIN, Prof. Dr. Danial, M.Ag, berkeinginan untuk memperkuat kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di luar negeri.

Pemberdayaan Mahasiswa: Prof. Dr. Danial, M.Ag, ingin IAIN menjadi wadah yang memberdayakan mahasiswa untuk berkembang secara holistik melalui program-program pengembangan diri dan pelatihan kepemimpinan.

Pengembangan Fasilitas dan Infrastruktur: Sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kenyamanan dan fasilitas belajar-mengajar, Prof. Dr. Danial, M.Ag, berharap dapat menginisiasi dan mendukung pengembangan fasilitas dan infrastruktur di lingkungan kampus.
Pemberdayaan Dosen: Prof. Dr. Danial, M.Ag, berkeinginan untuk memberdayakan dosen dengan dukungan pengembangan kualifikasi, partisipasi dalam seminar dan konferensi internasional, serta menciptakan lingkungan akademik yang inspiratif.

Keterlibatan Masyarakat: Keterlibatan IAIN dalam pemberdayaan masyarakat menjadi fokus Prof. Dr. Danial, M.Ag. Beliau berharap dapat meningkatkan peran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui program-program pengabdian yang relevan dan bermanfaat.

Pemberdayaan Institusi: Sebagai seorang pemimpin, Prof. Dr. Danial, M.Ag, berkomitmen untuk terus memperkuat manajemen dan administrasi institusi, menciptakan lingkungan kerja yang efisien, transparan, dan akuntabel.

Dengan harapan dan keinginannya ini, Prof. Dr. Danial, M.Ag, bertekad membawa IAIN Lhokseumawe ke tingkat yang lebih tinggi dalam ranah pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ucapan terima kasih pun disampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan ini, Gusmen, pak Sekjen, pak Dirjen, pak Direktur, pak Kasubdit ketenagaan, dan seluruh jajarannya termasuk keluarga, rekan-rekan di IAIN, dan semua pemangku kepentingan yang terlibat. Semua bersatu untuk merayakan momen bersejarah bagi IAIN Lhokseumawe dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, Tutup Bukhari. (Alman)