Sentuh Hati Rakyat, Taruna Akmil Bantu Korban Banjir di Desa Buluhcina Riau

Barsela24news.com

Magelang, Jateng - Sebuah langkah luar biasa datang dari Taruna Akademi Militer (Akmil). Tidak hanya melatih kecakapan militer, tetapi juga mengukir prestasi melalui kepedulian sosial dalam Bakti Taruna Akmil.

Sejumlah Taruna Akmil yang terdiri dari prajurit muda melaksanakan Bakti Taruna Akmil membantu korban banjir di Desa Buluhcina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Sabtu (30/12/2023).

Para Taruna, yang terdiri dari Sermatutar Inf M Daffa Fadhila, Sermatutar Inf Ridho Hidayatullah, Sermadatar Muhammad Raihan Inda Satria, Sermadatar Aditya Permana, Sersan Taruna Hendy Zeidan, Pratar Alyahya Huda Prawira Yusuf, Pratar Reyhan Pramudya, Pratar Fadhil Zai Putra Pulungan, Pratar Aryasatya Rakca dan Pratar Surya Rizal Perkasa turun langsung untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Mereka melakukan aksi nyata sebagai bentuk Edukasi Binter (Bela Negara) sekaligus menanamkan rasa kepedulian kepada masyarakat di sekitar.

Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M.Han yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama Forkopimcam Siak dan Forkopimda Kampar, Provinsi Riau menyampaikan komitmennya untuk membantu perbaikan jalan pasca banjir. Selain itu, juga memberikan dorongan positif kepada para Taruna dan menekankan pentingnya peran mereka dalam membantu masyarakat terdampak.

Penhumas Akmil mengabarkan, kegiatan ini bukan hanya sekadar bantuan materi, tetapi juga wujud nyata kepedulian Taruna Akmil di tengah cuti mereka.

Masyarakat Desa Buluhcina juga memberikan saran konstruktif terkait dampak banjir, termasuk peningkatan jalan.

Salah satu warga masyarakat, Ibu Mahyuni menyarankan perlunya perawatan pada sepanjang jalan menuju Desa Buluhcina yang banyak mengalami kerusakan akibat banjir.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat setempat, Arman menyampaikan kebanggaannya atas kedatangan para Taruna Akmil. Ia menyatakan betapa berharganya dukungan dari para pemuda terpelajar dalam situasi sulit seperti ini.

Menurut Kepala Desa Buluhcina, rumah warga yang terdampak banjir seluruhnya berjumlah 530 KK. Dirinya menyampaikan, kehadiran Taruna Akmil memberikan harapan baru dan kehangatan di tengah kesulitan.

“Kami semua masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kehadiran Taruna di tengah-tengah rakyat, hal ini menjadi bukti bahwa kehadirannya sungguh menyentuh hati,” ucap Kepala Desa Buluhcina.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan juga penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Buluh China, yang menjadi momen penuh makna sebagai bentuk kepedulian dan Bhakti Sosial dari Taruna Akmil.

“Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk selalu peduli dan berbagi dalam kebaikan. Taruna Akmil di Hati Rakyat,” pungkas Danrem 031/Wira Bima. (KW-036/Red)
Tags