Simak Debat Ketiga Capres Sebagai Pertimbangan Memilih

Barsela24news.com

Jakarta,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Debat Ketiga Calon Presiden Peserta Pemilu Tahun 2024 dengan tema "Pertahanan, Keamanan, Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri", di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari hadir bersama Anggota KPU August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Idham Holik, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno, serta turut dihadiri pimpinan partai politik, Komisi II DPR RI, Bawaslu, DKPP, perwakilan negara sahabat, para panelis, perwakilan Kementerian/Lembaga, NGO, Pemimpin Redaksi Media dan Media Massa.

Memberikan sambutan, Hasyim kembali mengajak para pemilih untuk bersama menyaksikan Debat Ketiga sebagai bahan pertimbangan dalam memilih di 14 Februari 2024 nanti. “Kita semua nanti sama-sama menyaksikan, menyimak dengan sungguh-sungguh para pemilih yang menyaksikan melalui televisi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih nanti berkaitan dengan tema yang akan jadi perdebatan pada malam hari ini,” ujar Hasyim.

Hasyim juga kembali mengucapkan terima kasih kepada para panelis, televisi penyelenggara dan moderator yang akan memimpin, memoderasi debat. “Terima kasih kepada para panelis yang telah membantu KPU untuk menyusun pertanyaan yang akan dijadikan bahan untuk debat pada malam hari ini. Kepada televisi penyelenggara yang akan menyiarkan debat calon presiden pada malam hari ini, dan juga kepada saudara moderator yang akan memimpin, memoderasi debat pada malam hari ini,” tutur Hasyim.

*Debat Menarik Sejak Awal*

Sementara itu Debat Ketiga yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB sudah berlangsung hangat sejak awal. Khususnya ketika masing-masing calon presiden memberikan tanggapan atas jawaban calon presiden lainnya, merespon pertanyaan yang diundi oleh panelis.

Seperti ketika calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjawab pertanyaan terkait tema Pertahanan (huruf c), jawaban tersebut kemudian langsung ditanggapi oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Hal serupa juga terjadi ketika calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menjawab pertanyaan terkait tema Hubungan Internasional (huruf c) gantian jawabannya langsung ditanggapi oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Kondisi yang sama juga terjadi ketika calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan terkait tema Keamanan (huruf c) jawabannya langsung ditanggapi oleh calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Situasi ini masih berlanjut pada segmen berikutnya, saat calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menjawab pertanyaan terkait tema Politik Luar Negeri (huruf c). Juga ketika calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan terkait tema Geopolitik (huruf a) dan ketika calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjawab pertanyaan terkait tema Globalisasi (huruf c).

Makin menarik ketika memasuki segmen pertanyaan antar calon presiden, di mana ketiga calon presiden saling bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh calon presiden lainnya. 

(Tim)