Dalam Rangka Pengendalian Inflasi PJ Sekda Aceh Selatan Sidak Pasar Tradisional Tapaktuan

Barsela24news.com


ACEH SELATAN- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, di wakili oleh Pj Sekda Ilham Sahputra, S.STP, M.Si, bersama unsur Forkopimda, Kepala Dinas terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Inpres Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (29/2/2024).

Sidak ke Pasar Inpres itu bertujuan untuk melihat dan mengetahui langsung kondisi terkait harga bahan pokok di pasaran menjelang Bulan Suci Ramadhan yang tiba dalam beberapa pekan lagi.

Saat meninjau, Pj Sekda Aceh Selatan bersama Dandim, Kapolres berdialog langsung dengan para pedagang mengenai harga - harga bahan pokok di pasar inpres tapaktuan tersebut.

Pada kesempatan ini, Pj Sekda mengatakan, dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan 2024, Pemkab Aceh Selatan terus melakukan upaya pengendalian harga dan stok bahan pokok makanan di pasaran, sehingga kebutuhan masyarakat menjelang puasa nanti akan terpenuhi yang tentunya dengan harga stabil.

Dengan dilakukan nya turun langsung ke Pasar tradisional kita sebagai pemerintah dapat langsung mendengarkan dari pedagang maupun pembeli, selain itu kitajuga berupaya kita dalam pengendalian iflasi di Aceh Selatan,"ujar Sekda.

Pj Sekda Aceh Selatan juga memastikan harga masih stabil atau dalam batas kewajaran, begitupun stok bahan pangan masih cukup tersedia mengingat sebentar lagi akan memasuki Ramadhan 1445 Hijriah.

Disela-sela in juga, Ilham Sahputra mengimbau para pedagang untuk tetap berjualan dengan wajar dan tidak memanfaatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang ataupun menaikkan harga.

Sekda berharap untuk Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan agar rutin mengawasi maupun memastikan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga, terutama selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri mendatang,"

Diakuinya, saat ini memang ada sedikit kenaikan harga telur, beras san cabai rawit, namun menurutnya masih dalam batas kewajaran, sedangkan kebutuhan lain dipastikan masih dalam stok dan harga yang normal.

"Kita juga akan melakukan langkah strategis dalam menyikapi kenaikan beberapa harga bahan pokok, salah satunya kita akan menggelar operasi pasar murah secara tersebar dalam kabupaten Aceh Selatan,"pungkas Pj Sekda. ( Tini)