Demi Menghindari Kecurangan, Panwaslih Aceh Selatan Adakan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

Barsela24news.com


Aceh Selatan - untuk menghindari kecurangan dalam hajatan Pemilu yang akan di lakukan pada 14 Pebruari ini, Panwaslih Aceh Selatan adakan pelatihan saksi peserta pemilu tahun 2024 yang di laksanakan di Rumoh Agam Rabu 07/02/2024.

Deri Friadi yang merupakan Ketua Panwaslih Aceh Selatan, dihadapan ratusan peserta, membuka acara pelatihan yang akan diadakan selama dua hari itu. Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Safril, S.Sos, Mantan Komisioner Panwaslih Aceh Selatan periode 2018 - 2023 dan sejumlah awak media.

Deri Friadi mengatakan jumlah peserta pelatihan berjumlah 504 orang peserta yang terdiri dari 54 orang saksi presiden, 108 orang saksi parpol dan 27 orang saksi DPD.

"Pelatihan ini kita laksanakan selama 2 hari yaitu 7 dan 8 Februari 2024, pelatihan ini juga merupakan amanat dari undang undang no 7 tahun 2017," ujarnya.

Sebagai narasumber Ketua Panwaslih Aceh Selatan Deri Friadi juga di dampingi oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi, Masyarakat dan Humas Basar Mulyadi.

"Sumber permasalahan pemilu ada pada TPS, hilangnya surat suara, rusaknya surat suara semua bersumber d TPS, makanya saksi inilah yg menjadi kunci utama atau ujung tombak partai, tidak ada gunanya partai atau calon berkampanye mencari suara kalau di TPS tidak ada mempunyai saksi," kata Deri Friadi dalam sambutannya.

"Maka tujuan pelatihan ini adalah menambah wawasan para saksi untuk menjadi saksi yang handal dan berwawasan luas ketika terjun atau bertugas di TPS", pungkas Deri Friadi. (Tini)