Diduga KIP Aceh Selatan Lalai Karena Ada Beberapa TPS, Kedapatan Kekurangan Kertas Suara

Barsela24news.com


Aceh Selatan - Hasil pantauan Wartawan di lapangan, ditemukan adanya beberapa TPS terlihat kekurangan kertas suara, bahkan ada yang mencapai ratusan lembar.

Saat media Barsela24news.com, mengkonfirmasi ketua KIP, Lafrawi. SE, melalui telpon Whatsapp, Rabu 14/02/2024. dirinya membenarkan adanya beberapa TPS di Aceh Selatan yang mengalami kekurangan Kertas suara, seperti TPS, 02,Gampong Rantau Binuang kecamatan Kluet Selatan,yang kekurangan kertas suara DPRK lebih kurang sebanyak seratus lembar. 

"Sedangkan di TPS 02, Kuala Ba'u kecamatan Kluet Utara terjadi juga kekurangan kertas suara DPD, sebanyak lebih kurang 50 lembar, di tambah lagi di kecamatan Sawang, yang tidak di sebutkan TPS nya, kekurangan kertas suara lebih kurang 50 lembar juga," katanya. 


Menurut ketua KIP, Aceh Selatan, kekurangan itu bukanlah karena sebuah kelalaian, tapi karena sebuah kesilapan, maklum manusia mungkin kelelahan, karena sebelum di serahkan ke TPS kemasing masing saat peking sudah dilakukan pemeriksaan, bahkan sampai dua kali.

"Terkait Kekurangan kertas suara itu, setelah dihitung mereka melaporkan ke PPS, PPS lalu melaporkan ke PPK, dan PPK melaporkan ke KIP Aceh Selatan, terus KIP Aceh Selatan melaporkan ke KIP Propinsi, ada surat KPU yang mengatur, dan itu bisa dilakukan pergeseran di jemput di TPS terdekat,namun itu semua sudah di selesai, dan semua kekurangan sudah teratasi kak,"Katanya. 

Sedangkan ketua Panwaslu Aceh Selatan Deri Friadi, saat di hubungi melalui WhatsApp, membenarkan ada beberapa TPS, Di Aceh Selatan kekurangan kertas Suara, DPRK, dan kertas Suara DPD, namun itu semua sudah ter atasi. Pungkasnya. (Tini)